Kulon Progo (Kankemenag) – Dalam memajukan sebuah institusi sangat penting untuk membangun komitmen bersama. Ketika komitmen tersebut sudah terbangun, maka orientasinya pada tujuan jangka panjang yaitu untuk kemanfaatan bersama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam SAPA PAGI (Sharing Aktivitas Pegawai Kementerian Agama tentang Program, Asa, Gagasan, dan Informasi) yang digelar secara daring via Zoom Meeting, Senin (16/8/2021) pagi.

“Ketika komitmen sudah terbangun, maka orientasinya pada tujuan jangka panjang. Yaitu untuk kemanfaatan bersama, bukan lagi pribadi atau kelompok. Untuk itulah sangat penting untuk membangun komitmen tersebut dalam memajukan sebuah institusi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wahib Jamil mengatakan bahwa dalam membangun komitmen tersebut harus dilandasi spiritualitas, semangat memberi, dan selalu berpikir positif.

Selain itu, untuk memajukan institusi menurutnya juga perlu dibentuk team work. ‘Team work ini sangat penting, karena untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan perlu adanya kebersamaan. Pada sebuah team work juga perlu dibangun kesadaran diri, bahwa setiap orang itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi harus saling mengingatkan dan saling melengkapi. Harus ada integrasi dan interkoneksi, sehingga tidak terbatas pada tugas individu lagi, tetapi tugas bersama,” imbuh Jamil.

Terlebih dalam mendukung pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), komitmen dari semua pihak baik pimpinan maupun ASN di masing-masing Satker dan Unit Kerja menjadi sangat penting. Selain itu juga harus terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik.

“Begitu pula dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ini, tentu perlu penguatan komitmen kebangsaan. Semua pegawai diharapkan dapat mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka melalui media elektronik maupun media sosial lainnya sesuai dengan ketentuan. Memakai pakaian hitam putih, berpeci atau kerudung hitam, serta mengirimkan foto bukti keikutsertaan kepada atasan langsungnya,” tegas Kakan.

“Pandemi yang hingga kini belum berakhir, tentu membutuhkan komitmen bersama untuk ambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Selalu menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dalam segala aktivitas menjadi tugas bersama,” pungkasnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.