Sampai saat ini demokrasi dianggap sebagai pilihan yang paling realistis untuk mengelola kepentingan publik. Maka sangat penting bagi seluruh warga, khususnya masyarakat yang terdidik untuk senantiasa memperdalam makna demokrasi.

Salah satu bentuk latihan mengelola kepentingan publik secara demokratis di sekolah adalah melalui pengelolaan Organisasi Siswa Intra Sekolah ketika melakukan pergantian kepengurusan. Proses pengelolaan pergantian pengurus, bisa dilakukan melalui kegiatan pemilihan OSIS atau biasanya dikenal dengan sebutan Pemilos.

Pemilos menjadi sarana bagi siswa untuk selain belajar tentang memilih pengurus OSIS yang baru, dapat juga menjadi sarana melakukan pengelolaan kepentingan atau berpolitik melalui wadah-wadah yang disediakan. Pemilos juga menjadi sarana belajar demokrasi, secara lebih luas pengalaman mengelola kepentingan bisa menjadi pembelajaran dalam pengelolaan kepentingan.

Sebagai upaya beradaptasi dengan pandemi Covid-19, KPU Kabupaten Kulon Progo, didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyiapkan aplikasi sebagai sarana Pemilos secara online (daring). Aplikasi Pernilos yang dipadukan dengan asas, prinsip, dan juga tahapan penyelenggaraan Pemilos menjadi ajang uji coba pengenalan publik kepada teknologi sebagai sarana pemenuhan hak politik siswa. Di samping itu, juga untuk memperluas gaung (gema) dari pelaksanaan pesta demokrasi di sekolah-sekolah menengah di Kabupaten Kulon Progo baik sekolah yang bernaung di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga maupun yang di Kementerian Agama.

Adapun jadwal Pemilos serentak secara daring adalah sebagai berikut :

  1. Tanggal 1 Oktober 2021 untuk MTs dan MA
  2. Tanggal 2 – 3 Oktober 2021 untuk SMA/SMK
  3. Tanggal 4 – 5 Oktober 2021 untuk SMP

Untuk memperluas gema dari pelaksanaan Pemilos maka pada hari pertama pelaksanaan Pemilos Jum’at (1/10/2021) dilaksanakan Launching Pemilos daring Serentak Tahun 2021, dengan tujuan memperluas gaung pelaksanaan Pemilos di Kabupaten Kulon Progo dan juga memperkuat hubungan kelembagaan antara KPU dan Pemerintah Kabupaten Kulon progo. Launching ini diikuti oleh semua peserta Pemilos dari SMP/MTs dan SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta.

Sementara itu dari madrasah di lingkungan Kantor Kementerian agama Kab. Kulon Progo ada 21 (dua puluh satu) madrasah yang mengikuti Pemilos daring ini, yang terdiri dari 14 (empat belas) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 7 (tujuh) Madrasah Aliyah (MA).

 

Penulis: Muhamad Dwi Putranto, S.Pd.
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah
Kantor Kementerian Agama Kulon Progo

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.