Kulon Progo (Pokjawas) – Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Barokatussolihah, S.Ag. MSI kembali menorehkan prestasi. Kali ini prestasi Ika (nama sapaan), diraihnya dari lomba menulis naskah sandiwara  audio/ radio bahasa Jawa Nasional yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan /Kundha Kabudayan Yogyakarta. Hal itu disampaikan Barokatussolihah usai melakukan Penandatanganan dokumen penerimaan hadiah sayembara yang berlangsung di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY, Kamis (28/10/2021) pagi.

“Sejak Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) menjadikan  tugas ASN diatur dalam WFH dan WFO. Maka bagi kami merasa memiliki waktu yang lebih untuk menorehkan pena dan mengikuti event lomba kepenulisan. Di antaranya  pada bulan Agustus lomba menulis naskah sandiwara  audio/ radio bahasa Jawa Nasional yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan /Kundha Kabudayan Yogyakarta. Alhamdulillah lolos Sepuluh Terbaik,” ujar Ika.

Barokatussolihah, yang pernah  memperoleh   penghargaan sebagai guru berprestasi Nasional, (2017), Guru inspiratif penulis buku 45 judul (2019), Agen perubahan Kankemenag Kulon Progo (2020-2021), mengakui hobi menulis semakin tersalur seiring bertambahnya usia lebih lebih di era digital ini. “Saya beberapa kali menulis drama apresiasi sastra untuk media pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) bersama BPMRK Yogyakarta. Nah,  tahun ini mencoba menulis naskah sandiwara berbahasa Jawa, Alhamdulillah berhasil,” imbuhnya.

Naskah Drama “Kaweleh” ini menjadi moment terindah baginya, karena semenjak mulai menulis puisi berbahasa Jawa dan dimuat di buku yang diterbitkan Dinas Kebudayaan DIY (2018), dicobanya menulis cerkak, essay berbahasa Jawa. “Alhamdulillah buku Geguritan “Kembang Mawar putih”  dan antologi Cerita cekak  yang berjudul Suket Grinting juga sudah terbit.  Pokoke nulis dan bersama nguri uri kabudayan Jawa,” pungkas Ika yang saat ini mengaku baru menulis 91 judul buku.

Keberhasilan Ika ini langsung mendapatkan apresiasi dari Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. “Selamat kepada Bu Barokattussolihah atas prestasi yang diraihnya. Semoga bisa menginspirasi para pengawas dan guru di lingkungan Kankemenag Kulon Progo untuk ters berkarya terutama lewat menulis untuk mengembangkan budaya literasi,” ucap Jamil di sela-sela acara Penilaian Zona Integritas di Aula Menoreh kantor setempat. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.