Kulon Progo (MAN2KP) – Dalam rangka mewujudkan  adiwiyata mandiri, MAN 2 Kulon Progo menggelar pembinaan adiwiyata. Acara tema wujudkan adiwiyata mandiri melalui penanaman karakter peduli lingkungan. Kegiatan diikuti seluruh siswa yang tergabung dalam Tim Tamandaku dan semua guru pembimbing adiwiyata di Hall Kampus 2, Senin (25/10/2021).

Sebagai Narasumber, Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. selaku penilai adiwiyata dari DLH Yogyakarta  dan Isna Mansuroh, S.Pd., M.Pd. sebagai koordinator Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kulon Progo.

Koordinator adiwiyata MAN 2 Kulon Progo,  Drs. Amir Ma’ruf, M.A., dalam sambutannya menyatakan pentingnya menggugah semangat hidup bersih, sehat, dan cinta lingkungan. “Untuk masuk menjadi tim adiwiyata harus peduli lingkungan secara ikhlas dan sukarela,” tegas Amir.

“Dalam kesempatan ini pula, diselenggarakan serah terima dan pelaporan Tim Adiwiyata lama ke tim yang baru. Pengurus lama diketuai Farid Adi Tama (XII IPS 2) kepada Mahabbah (X IPS 1) selaku ketua baru,” tambah Amir menjelaskan.

Selanjutnya Anita Isdarmini menjelaskan adiwiyata bukanlah lomba dan bukanlah teori, tetapi merupakan wujud nyata kepedulian cinta terhadap lingkungan.”Kita dapat bergerak melestarikan lingkungan di madrasah maupun tempat tinggal. Untuk menjadi adiwiyata mandiri maka di madrasah  perlu ada tanaman yang bervariasi dan bermanfaat. Antara lain tanaman obat, tanaman buah, tanaman yang langka dan ada tanaman di tiap ruang. Selain itu juga harus ada pengolahan sampah baik organaik maupun annorganik, pemanfaatan air dan biopori,” terangnya.

Selanjutnya hal-hal penting terkait penjelasan pengolahan sampah disampaikan oleh Isna Mansuroh.  Pentingnya pengolahan sampah di madrasah agar bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. “Pengolahan sampah organik bisa dengan cara ekoenzim, kompos maggot, dan briket arang. Sedangkan sampah anorganik bisa dibuat kerajian,” tutur Isna.

Tanya jawab pun mewarnai setiap kali narasumber tampil. Sebagai bentuk realisasi, rencana ke depan Sabtu (6/11/2021) siswa MAN 2 Kulon Progo yang tergabung dalam Tim Tamandaku akan praktik langsung membuat kompos dan ekoenzim. (est/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.