Kulon Progo (Kankemenag) – Setidaknya ada lima kunci sukses agar pesantren bisa mandiri. Kelima kunci itu harus terintegrasi, tidak bisa dipisah-pisah. Pengasuh Pondok Pesantren Lintang Songo, Bantul, Drs. K.H. Heri Kiswanto, MSI. menyampaikan hal itu dalam tausiyahnya pada peringatan Hari Santri Nasional di Aula Adikarto Pemkab Kulon Progo, Jum’at (22/20/2021) pagi.
“Ada lima kunci sukses agar pesantren bisa mandiri. Ini harus terintegrasi, tidak bisa dipisah-pisah. Adapun kiatnya yaitu harus kuat iman, kuat ilmu, kuat akhlak, kuat organisasi, dan kuat ekonomi,” ujarnya.
“Iman harus kuat, dan ini adalah yang terpenting. Alhamdulillah di Kulon Progo ada hubungan yang manis antara Kankemenag dengan Pondok Pesantren, Madin, TPA. Apalagi didukung penuh oleh pemerintah kabupaten,” terang Heri.


“Selanjutnya kuat ilmu. Pesantren adalah gudangnya ilmu. Santri harus semangat dalam mencari ilmu. Karena ilmu sangat bermanfaat dalam kehidupan. Terus kuat akhlak. Bagusnya orang beragama itu bisa dilihat dari akhlaknya. Maka seorang santri harus berkarakter, bernilai, berakhlak, dan berbudi luhur,” imbuhnya.
“Kuatnya organisasi seperti tubuh yang satu. Kita semua adalah satu, hanya berbeda peran. Semuanya harus berperan dan bekerjasama sesuai tugasnya masing-masing. Sedang yang terakhir harus kuat ekonomi. Generasi ke depan harus pintar agama dan pandai cari harta untuk bekal kehidupan,” jelasnya.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo, Drs. Jazil Ambar Was’an selaku Ketua Penyelenggara HSN tingkat kabupaten mengatakan bahwa karena masih pandemi, maka peringatan dilaksanakan dengan prinsip sederhana dan memamtuhi protokol kesehatan.
“Dalam peringatan HSN ini juga diserahkan bantuan berupa hibah untuk pondok pesantren dan madrasah diniyah. Hibah untuk 17 Pondok Pesantren mendapatkan dana Hibah dari APBD Kulon Progo sebesar 170 juta rupiah. Kemudian 16 Madin mendapatkan 80 juta rupiah dari sumber yang sama. Serta bantuan pemberdayaan pesantren dari Baznas Kulon Progo,” tuturnya.
(abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.