Kulon Progo (Kankemenag) – Layanan publik dari Kankemenag Kulon Progo sangat banyak dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Namun beberapa jenis layanan dalam program kegiatan yang diberikan belum optimal sesuai kebutuhan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga manfaat yang dirasakan masyarakat menjadi kurang maksimal. Untuk itu perlu sinergi dari berbagai pihak terkait. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat beraudiensi dengan Sekda Ir. Astungkoro di ruang kerjanya, Senin (8/11/2021) pagi.

“Banyak layanan kami yang langsung ke masyarakat. Namun beberapa program kegiatan dirasakan belum optimal sesuai kebutuhan dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga manfaatnya belum maksimal. Untuk itu perlu sinergi dari pihak-pihak terkait,” ujarnya.

“Salah satu program adalah moderasi beragama. Program ini berupaya untuk mendewasakan masyarakat dan umat agar tidak ekstrim. Kankemenag menginisiasi untuk menggelar dialog lintas sektor agar ada sinergi dari semua pihak untuk menguatkan moderasi beragama,” imbuh Kakan.

Wahib Jamil juga menyampaikan rencana kunjungan Staf Khusus Menteri Agama untuk memperkuat Desa Sadar Kerukunan. “Pada agenda tersebut akan dilaunching program ‘Sonjo’ (Silaturahmi, Obrolan, Ngopi, dan Jejaring Ormas). Kami juga merencanakan kunjungan silaturahmi ke tokoh agama dan tempat ibadah masing-masing. Harapan akan terjalin kerukunan antar umat beragama yang semakin kuat,” harapnya.

“Untuk itu, kami mohon dukungan dan fasilitasi dari Pemkab Kulon Progo melalui Sekda dalam kedua agenda tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat terjalin sinergi yang kuat dan bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” pungkas Jamil.

Menanggapi hal itu Sekda Astungkoro mendukung penuh dan siap memfasilitasi inisiasi dari Kankemenag. “Kami siap mendukung program moderasi beragama dari Kankemenag Kulon Progo ini. Moderasi beragama dan kerukunan umat beragama ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya Kankemenag. Dinas/instansi terkait harus terlibat,” tegas Sekda.

Sekda Astungkoro juga mengapresiasi kesadaran vaksinasi dari satker-satker Kankemenag Kulon Progo. “Terimakasih, kesadaran vaksinasi dari Madrasah dan Pondok Pesantren sangat tinggi,” ucapnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.