Kulon Progo (MIMAPAN) – Seorang guru MIMAPAN berkesempatan mengikuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Literasi, Numerasi, dan Sains. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru Kelas MI Propinsi yang dibiayai oleh dana Blockgrand dari World Bank. Kegiatan dilaksanakan dengan In Service Learning dan On Service Learning. Pelaksanaan In Service Learning pertama dan kedua diselenggarakan di MIN I Yogyakarta dengan agenda Pre tes, Pembukaan, Kebijakan Kemenag, konsep dasar dan tehnik PPKB, Toleransi dalam keberagaman, Pembelajaran Aktif dan Materi Sains Tata Surya, Senin (1/11/2021). Selanjutnya materi Numerasi dan Literasi digelar Selasa (2/11/2021).

Kasi Dikmad Kota, Elfa Tsuroyya, S.Ag. menyampaikan bahwa tujuan PKB tersebut adalah untuk meningkatkan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan inovasi bagi peserta. “Tujuan pelaksanaan PKB ada 3, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam hal pengembangan diri, Publikasi Ilmiah, dan Inovasi,” tuturnya.

Ketua KKG, Rahmad Agus Salim, S.Ag. sangat bersyukur karena kegiatan dari in pertama sampai berakhirnya kegiatan berjalan lancar. ”Alhamdulillah, Kegiatan PKB berjalan lancar, meskipun panitia berasal dari beberapa Kabupaten yang ada di DIY, namun bisa kompak,” ungkapnya.

Kegiatan PKB sangat menarik dan menyenangkan karena diselenggarakan dengan pendekatan siswa aktif, ada ice breaking, tugas kelompok, presentasi, dan refleksi. Adapun Pemateri di In Service Learning perdana ini antara lain: Kasi Dikmad Kota (Elfa Tsuroyya, S.Ag), Fasilitator Propinsi DIY dan Fasilitator Daerah (Evi Effrisanti, S.TP, Labib Junaidi, S.Pd.I, Hj. Sumarsih, S.Ag, dan Neneng Yuningsih, S.Pd.I). Kegiatan berlanjut dengan On Service Learning, peserta memraktikkan pembelajaran (Sains, Tata Surya) di madrasah masing-masing.

Guru MI Ma’arif Plampang, Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I. melakukan On Service Learning: Sains Tata Surya, Kamis (11/11/2021), Literasi, Sabtu (13/11/2021), dan Numerasi, Rabu (17/11/2021).

Selanjutnya Rabu (24/11/2021) KKG Guru Kelas MI Propinsi kembali mengadakan kegiatan In Service Learning ke tiga di Aula Kanwil Kemenag DIY dengan agenda Refleksi dan Umpan Balik PKB Literasi, Numerasi, dan post tes, serta Penutupan yang disiarkan secara live Streaming.

Dalam kegiatan ini, untuk presentasi On Sains Tata Surya disampaikan oleh Faiqatul Asriyah, S.Pd.I. dari MIN 4 Gunungkidul, presentasi On Literasi oleh Musiran, S.Pd.I. dari MIN 6 Gunungkidul, dan tak ketinggalan presentasi On Numerasi disampaikan oleh Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I. dari MI Ma’arif Plampang, Kokap, Kulon progo. Kegiatan PKB telah ditutup. Namun masih ada Rencana Tindak Lanjut dan pembuatan laporan kegiatan oleh masing-masing peserta.

Evi Effrisanti, S.TP. selaku Fasilitator Propinsi menyampaikan pesan dan kesan dalam penutupan tersebut, merasa senang dapat belajar banyak hal-hal baru dan pengalaman baru. “Kami merasa senang dapat mengikuti kegiatan PKB ini. Banyak ilmu dan pengalaman baru yang kami dapat. Kami akan berupaya menerapkannya dalam pembelajaran di madrasah masing-masing,” ucapnya.

Kepala Madrasah, Lestari, SH. sangat mendukung penuh dan memberikan apresiasi pada kegiatan PKB ini. “Kegiatan PKB ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi pendidik dan peserta didik MI Ma’arif Plampang dalam mengemban amanat mencerdaskan anak bangsa,” tuturnya. (inh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.