Ditjen PHU Gelar Diseminasi Pelayanan Haji di Arab Saudi Pada Masa Pandemi

Kulon Progo (Kankemenag) – Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri (Dityan Haji LN) Kementerian Agama RI menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Pelayanan Haji di Arab Saudi Pada Masa Pandemi di Pondok Makan Omah Mbeji, Jalan Tentara Pelajar, Beji, Wates, Kabupaten Kulon Progo, pada Jum’at (26/11/2021).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta yang terdiri dari perwakilan KBIHU, Kepala KUA se-Kabupaten Kulon Progo, dan rombongan dari Dirjen PHU Jakarta. “Terima kasih atas kepercayaan dari Dirjen PHU, khususnya Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri, yang menyelenggarakan kegiatan ini di Kemenag Kulon Progo. Tentunya ini merupakan sebuah kehormatan bagi Kankemenag Kulon Progo. Di masa pandemi memang masyarakat tidak dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah dikarenakan aturan prokes, harapannya semoga ada pencerahan dari pemerintah,” tuturnya.

Lebih lanjut Wahib Jamil juga memaparkan kegiatan PHU Kankemenag Kulon Progo dalam menyiasati masa menunggu keberangkatan Haji yang telah tertunda dengan program Haji Siaga (Sinau Agama) yang telah disosialisasikan kepada jemaah haji di tiap-tiap kapanewon yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Pada acara ini hadir juga Ketua I IPHI Kabupaten Kulon Progo, H. Nurudin, SH. MA, sebagai narasumber pada materi pertama yang membahas tentang Manasik Haji di Masa Pandemi. Ia menjabarkan tentang penyesuaian kegiatan pelaksanaan manasik haji dengan protokol kesehatan dikarenakan adanya pandemi.

Materi selanjutnya bertemakan Kebijakan Pelayanan Ibadah Haji di Arab Saudi pada Masa Pandemi disampaikan oleh Kasubdit Transportasi Haji, H. Sutikno. Dalam materinya, Sutikno menyampaikan penyesuaian kebijakan Pelayanan Ibadah Haji dalam masa Pandemi. “Adanya penundaan keberangkatan haji dua tahun terakhir ini menjadikan perlu banyak penyesuaian dalam hal pelayanan kepada jemaah haji khususnya di luar negeri. Selain itu juga adanya kendala yang terjadi dan persoalan-persoalan pemberangkatan perjalanan ibadah haji secara teknis. Diharapkan tahun 2022 Perjalanan Ibadah Haji dapat dilaksanakan,” tandasnya.

Sesi pemaparan dari dua pemateri kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif serta tanya jawab dari para peserta yang mayoritas adalah para Kepala KUA yang ada di Kabupaten Kulon Progo. (tin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.