MIMAKA Gelar Imunisasi

Kulon Progo (MIMAKA) – MI Ma’arif Karangwuni (MIMAKA) menggelar imunisasi. Pelaksanaan imunisasi ini bekerja sama dengan Puskesmas Wates. Imunisasi ini diikuti oleh siswa kelas I yang berjumlah 20 siswa, siswa kelas II yang berjumlah 17 siswa, dan siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Adapun imunisasi yang diberikan yaitu Tetanus Difteri (DT) untuk siswa kelas I kemudian Difteri Tetanus (Td) untuk siswa kelas II dan V pada Jum’at (26/11/2021).

Petugas dari Puskesmas Wates yang bertugas di MI Ma’arif Karangwuni adalah Nur Kusumadani dan Esti Wahyuni. Sebelum pelaksanaan Esti Wahyuni menjelaskan tentang imunisasi Tetanus Difteri (DT) dan Difteri Tetanus (Td). “Anak-anak siswa kelas I diberikan imunisasi Tetanus Difteri (DT) untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit Tetanus Difteri, sedangkan untuk kelas II dan V diberikan imunisasi Difteri Tetanus (Td) berguna untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit Difteri Tetanus,” ucapnya.

Pelaksanaan imunisasi ini juga dihadiri oleh BRIPKA Suprihatin sebagai Bhabinkamtibnas dari Polsek Wates dan Sertu Hariyanto sebagai Babinsa dari koramil guna memonitor atau mengawasi jalannya kegiatan imunisasi ini agar tetap pada protokol kesehatan. Hal ini juga disampaikan oleh BRIPKA Suprihatin di sela-sela kegiatan imunisasi. “Alhamdulillah pelaksanaan imunisasi ini berjalan dengan lancar. Semua mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangan,” ungkapnya.

Kepala Madrasah, Hartati, S.Pd.I. mengatakan bahwa siswa diobservasi terlebih dahulu sebelum disuntik, dengan pertanyaan seputar keadaan siswa agar petugas puskesmas tahu apakah siswa tersebut boleh disuntik atau tidak. Pelaksanaan imunisasi ini dilakukan di ruang kelas 3 dan dilaksanakan secara bergantian. “Dikarenakan masih masa pandemi, maka hal tersebut kami lakukan agar tidak terjadinya kerumunan,” ungkap Hartati.

“Alhamdulillah pelaksanaan imunisasi ini berjalan dengan lancar, siswa tertib mengikuti peraturan yang ada, dengan mematuhi protokol kesehatan. Harapannya dengan pelaksanaan imunisasi ini siswa terhindar dari penyakit Tetanus Difteri (DT) dan Difteri Tetanus (Td) dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lancar,” pungkasnya. (mit/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.