MIN 1 Kulon Progo Gelar BIAS

Kulon Progo (MIN1KP) – MIN 1 Kulon Progo menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). BIAS dilaksanakan di madrasah setempat yang diikuti oleh siswa kelas 1, 2, dan 5. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin  (29/11/2021) pagi.

Petugas  dari Puskesmas Temon II  ada empat orang. Sebelum pelaksanaan imunisasi terlebih dahulu diberikan penjelasan berhubungan dengan imunisasi yang akan diberikan. Imunisasi dilaksanakan 3 sesi yaitu sesi pertama untuk siswa kelas I, sesi kedua untuk siswa kelas 2, dan sesi ketiga untuk siswa kelas 5.

Salah satu petugas dari Puskesmas Temon II, Ari Mardiyanti memberikan penjelasan bahwa tujuan pemberian  imunisasi agar anak-anak kebal terhadap penyakit itu.  “Imunisasi  DT (Diphteria Tetanus) diberikan  untuk siswa kelas I yang bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit DT. Sedangkan siswa kelas II dan V  diberikan imunisasi TD (Tetanus Diphteria) bertujuan  untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit Tetanus Diphteri,” tuturnya.

Ari juga  menyampaikan bahwa penyakit TD dan DT adalah penyakit yang bisa mematikan. Maka dari itu diberikan imunisasi tersebut agar anak-anak kebal terhadap penyakit itu.  “Kalau nanti ada nyeri di bekas suntikan bisa dikompres. Setelah habis suntik, minum yang banyak,” pesan Ari.

Salah satu guru PJOK, Tri Rahayu menyampaikan  bahwa karena masih pandemi maka  imunisasi ini dilaksanakan secara bergantian. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya kerumunan. “Alhamdulillah pelaksanaan imunisasi berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Harapan kami semoga anak-anak tetap sehat dan jauh dari penyakit, sehingga dapat belajar dengan tenang dan nyaman,” ucapnya. (atk/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.