Peningkatan Kualitas Kelembagaan KUA, Khoiruddin Bashori Beberkan Prinsip Ihsan

Kulon Progo (Kankemenag) – Pelayanan terhadap masyarakat bagi lembaga KUA mutlak untuk diupayakan terjadinya peningkatan kualitas. Layanan KUA yang diharapkan masyarakat antara lain pelayanan yang tepat waktu, penampilan pegawai yang menarik, ramah, menyakinkan, dan informatif. Dosen UMY, Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.S.I. menyampaikan hal itu pada acara Peningkatan Kualitas Kelembagaan KUA yang berlangsung di Shafira Garden, Kisik, Banjarasri, Kalibawang, Selasa (30/11/2021) pagi.

“Peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat bagi KUA mutlak untuk ditingkatkan. Masyarakat berharap layanan KUA dapat tepat waktu, penampilan pegawainya menarik, ramah, menyakinkan, dan informatif. Pegawai KUA juga harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu kondisi kantor juga harus bersih dan terawat,” ujarnya.

“Layanan KUA juga diharapkan mengedepankan prinsip Ihsan. Prinsip itu meliputi lebih cepat (faster), lebih baik (better), lebih baru (newer), lebih murah (cheaver), dan lebih sederhana (more simple). Dengan demikian diharapkan dapat tercapai kepuasan pelanggan secara total,” imbuh Khoiruddin.

Sesuai PMA menurutnya bahwa layanan KUA di antaranya penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam. Selain itu juga pengelolaan dokumen dan sistem informasi manajemen KUA. “Untuk menjembatani keinginan dan harapan masyarakat dalam pelayanan adalah adanya data yang lengkap dan akurat, serta manajemen yang baik. Selain data yang lengkap dan akurat, juga diperlukan kompetensi pegawai,” lanjutnya.

“Sementara itu inti dari manajemen adalah pada komunikasi. Sehingga kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangat penting bagi pegawai KUA,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. berharap dari kegiatan tersebut dapat memperoleh berbagai masukan. “Semoga dengan kegiatan ini dapat memperoleh masukan bagi kemajuan Kankemenag, KUA, maupun Pemerintah Daerah. Kita juga bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang kelembagaan KUA,” tutur Jamil.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari unsur KUA, Penyuluh Agama Islam, Takmir Masjid, Majelis Taklim, DMI, MUI, MWC NU, dan Muhammadiyah. (iha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.