Cerita di Balik Batik Shibori Karya Siswa Tata Busana MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN2KP) – Sebagai Madrasah Aliyah Plus Keterampilan, MAN 2 Kulon Progo turut diundang sebagai peserta Expo Tahun 2021 di Jakarta, Selasa lalu (30/11/2021). Salah satu karya terbaik siswa yang dipajang yakni batik sibhori dari keterampilan Tata Busana. Motif batik yang belum lama ini dikenalkan dan dipraktikkan oleh siswa program keterampilan Tata Busana dan juga guru-guru putri MANDAKU.

“Kata ‘shibori’ sendiri berasal dari kata kerja bahasa Jepang ‘shiboru’ yaitu teknik pewarnaan kain yang mengandalkan ikatan dan celupan. Motif yang dihasilkan seringkali tak jauh berbeda dengan batik, hanya bedanya dalam pengerjaan lebih mudah dan sederhana. Motif shibori ini sering dikenal sebagai batik ala Jepang,” papar Esti Winarni, S.Pd., guru Tata Busana MAN 2 Kulon Progo.

Lebih lanjut RR Dwi Kurniawati, S.Pd., yang juga pengampu Tata Busana menyatakan bahwa program ini adalah murni permintaan para siswa Tata Busana karena teknik pembuatan pola dan motif batiknya sangat sederhana. Menurutnya keindahan motif batik shibori ditentukan oleh teknik pengikatan kain dan cara mencelupnya. Dalam praktiknya pun diikuti oleh para siswa kelas XII program keterampilan Tata Busana, juga oleh beberapa guru putri MANDAKU.

Mereka  sangat antusias mengikuti praktik pembuatan shibori, bahkan merasa tidak percaya dengan keindahan hasil karyanya sendiri. Apalagi setelah kain batik kering setelah dijemur, keindahan yang tak diperkirakan muncul. “Woooo, amazing. Aku ternyata bisa!” Sekar Novika Sandy, salah satu siswa, merasa girang dengan hasil karyanya. Tak kalah seru, para guru pun merasa takjub dengan keindahan hasil karya mereka. Sebelum dijemur, seluruh siswa dan guru yang terlibat dan yang turut menyaksikan,  merentangkan batik shibori yang telah dibuat di lapangan upacara Kampus 2. Kepuasan dan kegirangan pun tampak dari wajah-wajah bahagia mereka. (giant/ast/dpj)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.