Dua Puluh Dua Siswa MIMAKO Ikuti Wisuda Khatmil Qur’an se-Kapanewon Kokap

Kulon Progo (MIMAKO) – Sebaik-baik kaum adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya. Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi kaum muslimin. Maka perlu penanaman sejak dini bagi anak-anak untuk belajar Al Qur’an. Usaha pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut maka diberlakukannya aturan bagi siswa lulusan tingkat SD/MI untuk sudah khatam Al Qur’an ketika anak- anak lulus. Dengan demikian KKKS Kapanewon Kokap mengadakan Wisuda Khatmil Qur’an yang bertempat di gedung Eks. UPTD Kapanewon Kokap, Kamis (9/12/2021).

Ketua Panitia Pelaksana Khatmil Qur’an Kapanewon Kokap, Agus Hariyanto menyampaikan bahwa acara ersebut digelar untuk memotivasi anak dalam membaca Al Qur’an. ”Acara ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar Al Qur’an. Juga memberikan apresiasi kepada siswa atas prestasi bisa khatam Al-Qur’an. Acara ini diikuti oleh 36 SD/MI baik swasta maupun Negeri dengan sejumlah 217 siswa. Terdiri 73 siswa laki-laki dan 144 siswa perempuan,” ujar Agus Hariyanto.

Ikut dalam acara ini siswa-siswi MI Ma’arif Kokap sebanyak 22 anak dari 25 siswa kelas 6. Khataman Al-Qur’an tersebut mengikuti program Pemerintah Daerah melalui Dikpora Kulon Progo. Dari 22 siswa tersebut merupakan siswa terbanyak yang dikirimkan masing-masing SD/MI se-Kapanewon Kokap.

Salah satu siswa Joita Putri Khoirunnisa merasa senang dan bangga bisa mengikuti acara wisuda tersebut. “Bisa untuk menambah pengalaman dan wawasan serta bertemu dengan teman-teman khatimin-khatimat se-Kapanewon Kokap,” ujarnya.

Kepala MI Ma’arif Kokap, H. Asrorudin, S.Pd.I. mendukung penuh acara tersebut. “Program khatmil Qur’an ini perlu didukung untuk memotivasi siswa, orang tua, dan guru. Terimakasih kepada siswa yang telah berusaha untuk belajar Al-Qur’an sampai khatam. Alhamduliiah untuk MIMAKO bisa mencapai 90% dari jumlah siswa kelas 6 yang bisa ikut dalam acara ini,” ungkapnya.

“Harapannya dari acara ini semoga tahun depan MIMAKO bisa 100% siswa khatam Al-Qur’an. Siswa yang khatam semoga tetap rajin mengaji sampai akhir hayat, dan bisa sebagai bekal hidup didunia sampai akhirat. Kepada wali siswa agar tetap mendampingi dan memotivasi putra-putrinya untuk tetap semangat belajar Al-Qur’an. Semoga mendapatkan barakah dari Al-Qur’an dan ridho dari Allah SWT,” imbuhnya. (bnt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.