Giat Sabtu Adiwiyata; Greenhouse Tempat Kami Belajar Mencintai Lingkungan

Kulon Progo (MAN2KP) -. Sungguh istimewa anak-anak Giat Sabtu Adiwiyata. Betapa tidak, setiap Sabtu mereka meluangkan waktu liburnya untuk  kegiatan di madrasah. Mereka membersihkan lingkungan madrasah dengan penuh semangat dan keikhlasan, Sabtu (11/12/2021). Didahului koordinasi kegiatan di serambi Masjid An Nuur MAN 2 Kulon Progo kemudian dilanjut terjun ke green house untuk menanam sayuran, di bawah bimbingan dan pendampingan Dra. Suprihatin.

“Anak-anak sangat luar biasa. Apalagi Mbak Siti Mufati sebagai Ketua Adiwiyata sangat bisa mengoordinasi teman-temannya untuk bersama bergerak di Giat Sabtu Adiwiyata. Mereka antusias melakukan kegiatan dengan senang hati. Ini terlihat dari cara kerja mereka yang rajin tanpa merasa terbebani sambil bersendau gurau. Mereka memungut sampah, mencabut rumput. Tinggal kita yang harus memberikan semangat dan tambahan ilmu untuk mereka,” harap Suprihatin yang juga setia mendampingi giat mereka.

Giat Sabtu Adiwiyata diawali dengan koordinasi berbagai kegiatan yang dipimpin Siti Mufati. Termasuk rencana kedepan tentang program kerja baik  dari tim green house, pengolahan sampah, kreasi sampah, dan kebun anggrek untuk persiapan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) akhir Desember mendatang. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik menanam sayuran dan terakhir membersihkan lingkungan madrasah.

“Saya berharap dengan diadakannya Giat Sabtu ini, teman-teman Tamandaku menjadi lebih paham tentang koordinasi dalam sebuah tim, bisa lebih mencintai terhadap lingkungan, dan  kedepannya semoga Adiwiyata MANDAKU lebih baik lagi dan bisa menjaga kekompakan Tamandaku untuk MAN 2 Kulon Progo,” ajak Siti Mufati kepada teman-temannya agar bisa menjadi inspirasi bagi teman yang lain dalam hal kepedulian terhadap lingkungan.

Sementara itu sebagai ketua Adiwiyata, Amir Maruf selalu melakukan motivasi, koordinasi, dan pemantauan terhadap semua kegiatan yang dilakukan tim Adiwiyata, utamanya di Giat Sabtu Adiwiyata. Hal ini dilakukannya agar anak-anak Adiwiyata betul-betul merasa dibimbing dan disemangati sehingga kecintaan mereka terhadap lingkungan MAN 2 Kulon Progo terpupuk dan terpelihara. (ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.