Khatmil Qur’an Nanggulan Lancar

Kulon Progo (MIM Grubug) – Sebagai apresiasi terhadap siswa yang telah menyelesaikan membaca Al-Qur’an (khatam Al-Qur’an) maka diadakan kegiatan khatmil Qur’an/khataman. Sebagaimana di kapanewon lain, kegiatan khatmil Qur’an juga dilaksanakan di Kapanewon Nanggulan, pada Sabtu (11/12/2021) pagi di Gedung Olah Raga Wijimulyo.

Kepala MI Muhammadiyah Grubug, Juminta merasa gembira bisa mengikuti kegiatan tersebut. “Kami merasa gembira bisa mengikutikan siswa dalam kegiatan ini. Semoga bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswi kami ke depannya. Selain itu semoga tahun depan siswa-siswi kami bisa lebih maksimal lagi, sehingga dapat mengikuti kegiatan serupa,” ungkap Juminta.

Kegiatan khataman berjalan lancar sesuai rencana, yakni dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00. Rangkaian acara dimulai dengan do’a pembuka, bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, laporan panitia, sambutan dari Panewu Nanggulan dan Kepala Dikpora Kabupaten Kulon Progo yang diwakili oleh Kabid. SD, Bambang Sidi Rahmanto, S.E., dilanjut doa khatam serta prosesi penyerahan Samir dan sertifikat ke peserta dilanjutkan dengan penutup.

Kepala Bidang Sekolah Dasar yang mewakili Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Bambang Sidi Rahmanto dalam salah satu pesannya kepada semua peserta menyampaikan untuk menjadi pelajar Pancasila. “Pelajar Pancasila adalah pelajar yang mempunyai ciri-ciri beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulya, yang bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong dan kebhinekaan global, “ jelas Kabid.

Khatmil Qur’an tahun ini diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah se-Kapanewon Nanggulan berjumlah 111 siswa. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh ketua K3S Nanggulan, Sudarman, S.Pd. “Peserta didik yang mengikuti kegiatan khatmil Qur’an ini berjumlah 111 peserta baik dari SD maupun MI se-Nanggulan. Kami mengucapkan selamat kepada semua peserta dan semoga bisa dilanjutkan terus walau sudah diadakan khataman,” terang Sudarman. (jum/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.