MAN 2 Kulon Progo Ikuti Pameran di Madrasah Expo Jakarta 2021

Jakarta (MAN 2 KP) – Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Dirjen Pendis Kemenag pada tahun ini terasa berbeda untuk MAN 2 Kulon Progo. Pasalnya pada peringatan kali ini, MAN 2 Kulon Progo berkesempatan untuk berpartisipasi mengikuti Madrasah Expo Tahun 2021 yang diperuntukkan bagi MA Plus Keterampilan se-Indonesia, (30/11/2021). Bertempat di Holiday Inn Jakarta Kemayoran, MAN 2 Kulon Progo bersama MAN 1 Bantul menempati stand yang sama sebagai wakil dari DIY.

Peserta Madarasah Expo Tahun 2021 adalah MA Program Keterampilan seluruh indonesia yang tergabung dalam 7 stand expo. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi MA Keterampilan seluruh Indonesia dengan menampilkan karya terbaik siswa-siswa keterampilan didikannya.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. yang turut mendampingi timya menyatakan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, MAN 2 Kulon Progo diberi kesempatan untuk bisa mengikuti Madrasah expo 2021. Ajang seperti ini menjadi sangat penting dan berharga bagi kami sebagai madrasah plus keterampilan dan juga dalam rangka mengenalkan produk-produk karya siswa MANDAKU  di tingkat nasional. Dan bersyukur mendapat repson positif dari pengunjung bahkan Ibu Menteri Agama berkesempatan berkunjung dan memborong produk anak-anak kami,” ungkap Aning (sapaan akrab Hartiningsih).

Aning berharap, Kementerian Agama RI akan terus mengagendakan kegiatan Madrasah Expo seperti ini. selain untuk memperluas pangsa pasar kita, juga bisa digunakan sebagai ajang silaturahmi, share, dan diskusi antarkepala madrasah dan guru-guru pengampu keterampilan di Madrasah Plus Keterampilan seluruh Indoensia.

Sementara itu Kepala Unit Produksi, Imam Muttaqien,S.T.P., berharap dengan mengikuti expo sebagai sarana menampilkan inovasi   terbaru yang senantiasa dikembangkan oleh MAN 2 Kulon Progo agar diketahui oleh MA keterampilan yang lain. “Kami juga berharap expo ini sebagai ajang saling menginspirasi sesama program keterampilan sehingga program keterampilan menjadi maju dan semakin diminati oleh masyarakat,” pungkasnya.

Adapun hasil karya terbaik siswa MAN 2 Kulon Progo yang ditampilkan dalam Madrasah Expo Tahun 2021 di program APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) antara lain pie susu dan stick grow yang sudah bersertifikat halal dan 2 pasang banner sertifikat halal. Program Tata Boga menampilkan wedang bandrek instan dan kripik pegagan. Program Tata Busana menampilkan kain batik shibori, ecoprint, masker, dompet, kaos shibori, dan lenan RT. Program DKV (Desain Komunikasi Visual) menampilkan mug dan pin serta video keterampilan, dan program TAV (Teknik Audio Visual) menampilkan robotik. Selain kepala madrasah dan kepala unit produksi, turut pula guru TAV Suparnadi, S.Pd., dan guru DKV Muhammad Al Fahri.  (ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.