MAN 2 Kulon Progo Tuan Rumah Pembinaan Transaksi Sakti

 

Kulon Progo(MAN2KP) – Bertempat di Ruang Teater Gedung Pusat Pembelajaran Unit 2 di Jalan Pahlawan Gotakan Panjatan, MAN 2 Kulon Progo menjadi tuan rumah Pembinaan Jabatan Fungsional Perbendaharaan, Monitor dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran, dan Pendampingan Transaksi Awal SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) Tahun 2022, Kamis (2/12/2021). Pembinaan ini direncanakan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 2 dan 9 Desember 2021. Adapun peserta terdiri dari tiga satuan kerja yaitu MAN 2 Kulon Progo, MTsN 6 Kulon Progo, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo. Acara diselenggarakan oleh satuan pendidikan kerja lingkungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wates. Bertindak sebagai narasumber, Ria Yoanita didampingi oleh Kristya Arindra, Maulana Rohim, dan Zahara Nely Rosada.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, menyambut baik penyelenggaran acara pembinaan dan pendampingan ini dan menyatakan terima kasih  kepada (KPPN) yang telah memberikan pendampingan secara maksimal. “Semoga selama proses pembinaan semua berjalan lancar dan tidak ada kendala serta bisa digunakan untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan,” harap Hartiningsih, M.Pd..

Menurut Ria Yoanita, “SAKTI adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.”

Kegiatan ini lebih difokuskan pada pendampingan transaksi awal SAKTI untuk pembuatan gaji induk Januari 2022. Diharapkan satuan kerja-satuan kerja yang ditunjuk sudah mampu membuat daftar dan besaran gaji sampai selesai sehingga pembayaran gaji bisa berjalan lancar dengan sistem yang baru tersebut,  dan tidak menggunakan aplikasi yang lama.

Kristya Arindra selaku pendamping memiliki kesan yang baik terhadap acara pembinaan dan pendampingan ini. “Para peserta dari satuan kerja sangat antusias mengikuti pendampingan pembuatan SPM (Surat Perintah Membayar) gaji induk Januari 2022.” Ia juga menyampaikan kesannya terhadap dukungan yang baik dari tuan rumah, SPM gaji bulan Januari bisa diselesaikan dengan lancar semua.

Sementara itu Budi Astuti, selaku peserta menyatakan kepuasannya. “Saya antusias mengikuti acara ini. Narasumber memberikan ilmu dengan jelas dan mudah dimengerti. Insyaallah saya bisa menggunakan aplikasi SAKTI dengan baik. Semoga lain kali ada acara seperti lagi untuk menambah pengetahuan saya dan peserta lain dalam bidang perbendaharaan.” (Giant/Ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.