MIM Kenteng Kulon Progo Gebrakkan Program Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan. Sebagai salah satu bentuk implementasi tersebut MIM Kenteng memiliki program Pengajian Ahad Pahing Pagi setiap bulannya, pada bulan ini sangat spesial karena menghadirkan pembicara sekaligus motivator dari Yogyakarta Ustadz Saijan, S.Pd.I., M.Si (Kepala SD Muhammadiyah Nitikan) pada Ahad (13/12/2021)

Kegiatan ini sudah dilaksanakan di halaman Masjid Kholid bin Walid Kenteng sebagai mitra madrasah. Kurang lebih sebanyak 300 jamaah yang terdiri dari orang tua/wali siswa, guru MIM Kenteng, TK ABA Kenteng, PAUD Kumajaya Kenteng, Ikatan Alumni MI Muhammadiyah Kenteng, santriwan dan santriwati Panti Asuhan Binaussaadah Muhammadiyah Pandowan Galur, serta jamaah sekitar madrasah yang ikut memeriahkan kegiatan ini.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. merasa bangga dan puas dengan kerjasama tim guru dan tenaga kependidikan di MIM Kenteng. “Alhamdulillah tim solid inilah yang pastinya dapat terus kami jaga. Selaku pimpinan, kami bertanggungjawab atas kemajuan madrasah dengan kemampuan manajerial terhadap sumber daya manusia yang unggul, cekatan, dan professional,” ungkapnya.

Ustadz Saijan, S.Pd.I. M.Si. selaku pembicara menyampaikan 3 hal sebagai landasan dalam memajukan anak didik. “Sebagai guru tentunya kita dapat mengajarkan tata krama baik terhadap guru, orang tua, dan masyarakat di sekitarnya. Juga memberikan kesempatan anak didik untuk berprestasi sesuai kompetensinya, membimbing anak didik agar fokus belajar tanpa harus menyanding beban pikiran yang lain,” ujarnya.

Program kedua yaitu kolaborasi antara guru MIM Kenteng dengan Ikatan Alumni MIM Kenteng dan pengurus TKA-TPA Al-Muttawakilin Kenteng dalam Program Unggulan TPA Berbagi yang diprakarsai oleh Teguh Cahyana, S.Pd.I. salah satu guru MIM Kenteng yang sudah berjalan sejak Maret 2020. Dalam satu kali aksi menyiapkan 7 paket untuk 7 keluarga penerima. Tepat penerima urutan 133-140 berada di Dusun Keweron Kapanewon Samigaluh pada Ahad (5/12/2021).

Program ketiga kerjasama dengan Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dalam program PRODAMAT (Program Pemberdayaan Umat) yang terlaksana pada Senin (6/9/2021) diikuti oleh guru-guru MI Muhammadiyah se-Kabupaten Kulon Progo. Program ini mengusung tema “Pelatihan Model Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Living Valeus Education (LVE)” yang disampaikan langsung oleh Dr. Suyatno, M.Pd.I. (Ketua Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta).

Komite Madrasah, Rikadiran sangat mengapresiasi program-program yang diluncurkan oleh Kepala MIM Kenteng. “Saya sangat suka dan mendukung dengan sepak terjang Guru MIM Kenteng. Terobosan baru ini semoga bisa membawa MIM Kenteng lebih baik dan bermanfaat untuk umat,” harapnya. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.