MIMAPAN Kirim Empat Siswa Ikuti Khatmil Qur’an SD/MI Kapanewon Kokap

Kulon Progo (MIMAPAN) – Al Qur’an adalah pedoman bagi umat Islam. Perlu sejak dini anak-anak dikenalkan dan dipahamkan tentang Al-Qur’an. Sebagai wujud cinta Al-Qur’an, empat siswa MI Ma’arif Plampang mengikuti Khatmil Qur’an SD/MI Kapanewon Kokap Tahun 2021. Kegiatan tesebut diselenggarakan di Aula ex. UPTD Kokap Kulon Progo pada Kamis (9/12/2021) pagi.

Khatmil Qur’an diikuti oleh 36 SD/MI se-Kapanewon Kokap dengan jumlah peserta 217 peserta. Tak ketinggalan di antara peserta terdapat empat siswa dari MI Ma’arif Plampang, diantaranya: Nazilatul Luthfiana Zahro ( sebagai perwakilan pembaca khatmil Qur’an), Dina Tri Maulani, Kharisma Eli Safitri, dan juga Laila Azirutun Nikmah. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud dari implentasi Peraturan Bupati Kulon Progo No. 65 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Al-Qur’an.

Kepala MI Ma’arif Plampang, Lestari, SH menyampaikan bahwa kegiatan khatmil Qur’an merupakan agenda rutin yang sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu. “Kegiatan khatmil Qur’an sudah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sejak dua tahun lalu. Namun, tahun kemarin kegiatan khatmil Qur’an tidak terselenggara karena masa pandemi Covid-19. Berhubung saat ini masa pandemi belum berakhir, kegiatan khatmil Qur’an dilaksanakan di wilayah kapanewon masing-masing,” kata Lestari.

Ia juga berharap, para peserta khatmil Qur’an nantinya akan menjadi generasi penerus yang cinta Al-Quran, cerdas, dan berkarakter. “Kami ucapkan selamat kepada empat siswa MI Ma’arif Plampang yang sudah berhasil khatam membaca Al-Quran. Harapan kami, mereka bisa menjadi generasi penerus yang cinta Al-Quran, cerdas, dan memiliki karakter Islami dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu harapannya mereka juga dapat memotivasi bagi siswa-siswi lainnya untuk dapat mengkhatamkan Al-Qur’an sebagai regenerasi,” harap Kamad.

Guru Pendamping, Indah Nurul Hidayati, S.Pd.I. juga merasa senang dan bangga kepada siswa MI Ma’arif Plampang yang telah berhasil khatam Al-Qur’an hingga Juz 30. Pihaknya juga berharap dengan adanya khatmil Qur’an ini dapat menjadi motivasi bagi siswa MI Ma’arif Plampang lainnya. “Semoga khatmil Qur’an ini dapat menjadi motivasi bagi siswa yang lain,” kata Indah.

Salah satu siswa MI Ma’arif Plampang, Nazilatul Luthfiana Zahro mengaku senang bisa mengikuti khataman tersebut. “Senang dapat mengikuti khataman tahun ini meskipun harus dengan protokol kesehatan yang disiplin dari awal hingga akhir. Ini merupakan pengalaman yang tidak terlupakan,” ujar Zahro.

“Semoga teman-teman, terutama adik kelas lebih rajin untuk mengaji dan nantinya bisa mengikuti kegiatan serupa untuk tahun yang akan datang,” imbuhnya. (inh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.