MIN 2 Kulon Progo Tuan Rumah Khatmil Qur’an SD/MI se-Kapanewon Wates

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo menjadi tuan rumah kegiatan khatmil Qur’an SD/MI se-Kapanewon Wates. Khatmil Qur’an ini merupakan kegiatan yang menjadi agenda rutin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo sejak dua tahun lalu dilaksanakan. Namun, pada tahun kemarin kegiatan khatmil Qur’an tidak terselenggara karena masa pandemi Covid-19. Untuk tahun ini kegiatan khatmil Qur’an dilaksanakan di wilayah kapanewon masing-masing. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerumunan yang berlebihan pada saat kegiatan.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Surah Ad-Dhuha sampai An-Naas secara serentak oleh seluruh peserta, sambutan dari beberapa pihak, dilanjutkan prosesi khataman dan doa, serta acara yang terakhir yaitu pemasangan samir yang disematkan oleh Perwakilan Kapanewon Wates, Ketua Pelaksana, Koramil, Kapolsek, dan Pengawas. Jumlah peserta khatmil Qur’an adalah 381 yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan pukul 07.30-09.15 dan sesi 2 dimulai pukul 09.30-11.00. Kegiatan khatmil Qur’an berlangsung di Masjid Al Falah, kompleks MIN 2 Kulon Progo, Kamis (9/12/2021).

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd, di sela-sela kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih atas kepercayaan KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kapanewon Wates kepada madrasahnya untuk menjadi tuan rumah kegiatan khatmil Qur’an. “Terima kasih atas kepercayaan KKKS yang menjadikan  MIN 2 Kulon Progo sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan. Kami juga mohon maaf yang setulus-tulusnya jika dalam penyediaan tempat dan sarana prasarana masih banyak kekurangan dan keterbatasan,” ucapnya.

Sementara itu Ketua KKKS Kapanewon Wates, Drs. Suranto Upoyo mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah dengan mendukung acara ini. “Saya mengucapkan terimakasih kepada MIN 2 Kulon Progo, Takmir Masjid Al Falah Ngestiharjo, serta semua pihak yang telah mendukung acara ini, sehingga acara ini dapat terlaksana,” ungkap Suranto.

Suranto juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberi apresiasi kepada siswa-siswi yang sudah khatam Al-Qur’an. Ia juga berharap agar semangat anak mempelajari Al-Qur’an tidak terhenti meskipun sudah khatam. “Kegiatan ini merupakan apresiasi kepada siswa-siswi yang sudah khatam Al-Qur’an. Saya berharap agar semangat anak dalam mempelajari Al-Qur’an tidak terhenti meskipun sudah khatam,” imbuhnya. (fas/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.