Pengawas Madrasah Pesankan Hal Ini dalam PKKM MAN 3 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN3KP) – MAN 3 Kulon Progo akhirnya mendapat giliran dalam Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2021. Pada pemaparan sekaligus sambutannya, Kepala MAN 3 Kulon Progo, Moh Fadlil Afif Lc MPd menyampaikan beberapa hal penting terkait Madrasah yang ia pimpin.

“Sebagai Madrasah plus keterampilan, MAN 3 Kulon Progo berupaya yang terbaik memberikan pelayanan terhadap para siswa dan alumni dalam Bursa Kerja Khusus (BKK),” kata Fadlil, Selasa (14/12/2021).

Pelayanan kepada siswa diantaranya dalam bentuk pengembangan kegiatan kewirausahaan. Kecuali itu, juga bekal keterampilan untuk kehidupan di masa datang. Akan tetapi untuk mencapai hal itu masih ada tantangan, diantaranya keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saat ini banyak guru yang purna maupun memasuki masa pensiun, sedangkan kebutuhan SDM semakin banyak,” ungkap Fadlil.

Menurutnya, dengan keterbatasan SDM tentu menyebabkan kinerja di Madrasah kurang optimal. Sementara itu salah satu penilai yaitu Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Kalimah SAg MA dalam tanggapannya menjelaskan, meski ada kendala keterbatasan SDM namun melalui PKKM setidaknya bisa menjadi  tolak ukur  parameter Kepala Madrasah dalam mengelola anak buah dan lembaga yang dipimpin.

“Manfaat PKKM ini diantaranya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Kepala Madrasah, sehingga diharapkan bisa  meningkatkan kinerjanya,” jelas Kalimah.

Dalam kesempatan itu, dirinya memaparkan capaian penilaian terhadap Kepala MAN 3 Kulon Progo beserta tindak lanjutnya. Selain itu, Kalimah juga menyampaikan satu pesan penting yang harus menjadi perhatian guru dan Kepala Madrasah.

“Mengajar itu adalah hal yang mudah, akan tetapi mendidik dan membimbing itulah sangat berat, karena menggunakan hati,” tandasnya. (fjr/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.