Pengawas PAI Dampingi Subdit PAI Monev Pelaksaan Ujian PAI SDN 5 Wates

,

Kulon Progo (Kankemenag) – Monitoring dan Evaluasi dari Subdit PAI Kementerian Agama RI terkait pelaksanaan ujian Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun 2020 kemarin di SD Negeri Wates, Jum’at (3/12/2021). Petugas monitoring yang hadir adalah Hantoro Subdit PAI Kemenag RI didampingi Pengawas PAI, Drs. Tukidi, M.S.I dan Kasi PAKIS, Drs. H. Muh Fauzi, M.Pd.I. serta ditanggapi kehadirannya oleh Kepala Sekolah Suharsih, S.Pd. dan guru PAI, Siti Khotijah S.Pd.I.

Monev dilakukan terhadap pelaksanaan Ujian PAI pada tahun 2020 yang sudah dilaksanakan. Hasil dari monitoring adalah bahwa sekolah sudah melaksanakan Ujian Sekolah mapel PAI baik tertulis maupun praktik meskipun di masa pandemi pasti setiap daerah beda kondisinya, dalam sambutannya Hantoro menyampaikan tentang Struktur Organisasi Kemenag Pusat. “Adanya monev yang dipilih pada SD Negeri 5 Wates ini mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta hasilnya akan dikumpulkan, dievaluasi dan membuat kebijakan pada anggaran tahun berikutnya,” ujar Hantoro.

Pengawas PAI, Tukidi menyampaikan bahwa Ujian PAI secara tertulis maupun praktik sudah dilakukan pada semua sekolah baik negeri maupun swasta sekaligus laporannya ke pengawas. “Ujian PAI sudah dilaksanakan dan sudah dibuat laporannya. Semoga monev itu tidak hanya dilakukan pada sekolah di kota saja namun perlu di pelosok yang sangat terpencil, karena mereka butuh perhatian dan support juga,” ungkap Tukidi.

Sementara itu Kepala SD Negeri 5 Wates, Suharsih mengucapkan terima kasih atas kehadiran petugas monitoring dari Subdit PAI Kemenag RI beserta tim lainnya di sekolah setempat. “Semoga kehadirannya menambah semangat dan membawa manfaat demi kemajuan kami. Sekolah akan selalu berusaha melaksanakan ujian sesuai dengan Tupoksinya baik dari Dikpora maupun Kemenag,” tuturnya.

Siti Khotijah selaku guru PAI menyampaikan ujian dilakukan melalui tulis secara Luring dengan cara orang tua mengambil soal ke sekolah lalu dikerjakan di rumah setelah selesai dikembalikan lagi ke sekolah, sedangkan ujian praktik dilakukan secara daring dengan cara siswa mengirimkan video praktik shalat dan wudhu, secara rekaman membaca Al-Qur’an, dan alhamdulillah tanpa ada kendala/hambatan serta hasil ujiannya sangat baik,” ungkapnya. (tkd/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.