Pokjaluh Kulon Progo Evaluasi Program Kerja

Kulon Progo (Pokjaluh) – Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kankemenag Kulon Progo mengadakan Rapat Koordinasi untuk melakukan perencanan dan evaluasi program kerja. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Musthofa, Drewolo, Pengasih, Kulon Progo selalu diawali dengan tausiyah untuk menambah wawasan pengetahuan keagamaan serta mempertebal keimanan. Kegiatan berlangsung Selasa (30/11/2021).

Ketua Pokjaluh, Wardani, S.Ag. dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya Kinerja Pengurus. Ia menuturkan bahwa Masa Bakti Kepengurusan Pokjaluh adalah 4 tahun agar seragam dengan masa kepengurusan Pokjaluh se-Daerah Istimewa Yogyakarta. “Pokjaluh akan mengirim utusan yang terdiri dari 1 orang PAIF dan 2 orang Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk mengikuti Pelatihan bacaan murottal versi Syaikh Abdurohman as-Sudais imam besar Mekkah yang diselenggarakan oleh Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM Yogyakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kemenag D.I. Yogyakarta,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut para koordinator seksi juga melaporkan kegiatan dan rencana aksi yang akan dilakukan oleh Pokjaluh. PAIF KUA Sentolo, H. Damanhuri menekankan tentang pengurusan DUPAK. “Bagi PAIF yang akan mengajukan DUPAK di mohon mempersiapkan segala administrasinya, baik Hard Copy, Soft Copy, dan dalam bentuk PDF sesuai dengan Juknis yang terbaru. Apabila ada Kendala dan kesulitan dalam mengajukan DUPAK, para penyuluh diminta untuk saling mengingatkan dan memotivasi agar jangan sampai melebihi deadline waktu yang sudah ditentukan,” ujar Damanhuri.

Sementara itu seksi Kajian Materi, Moh. Natsir Nurdin, S.Ag. melaporkan bahwa Kajian Minhajul Muslim sudah lama Vakum, oleh karenanya perlu ada tindak lanjut. “Rencana Kajian Moderasi Beragama Versi penyuluh perlu di konsultasikan kembali dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, agar sesuai dengan visi misi Kementerian agama yang diharapkan,” ucap Moh. Nasir Nurdin, S.Ag.

Dari Seksi Olah Raga dan Seni, Basuki, S.Ag. berencana melanjutkan kegiatan olahraga khusus untuk Penyuluh. “Kegiatan Olah Raga (Volley, Pingpong, Badminton) menjalin kerja sama baik PAIF maupun PAI Non PNS sebagai bentuk keakraban antar penyuluh se Kulon Progo,” ujar Basuki.

“Pokjaluh Kulon Progo akan mengadakan kegiatan Bakti sosial dan pengajian akbar melibatkan PAIF dan PAI Non PNS se Kabupaten Kulon Progo dengan lokasi bergilir,” imbuhnya. (mkp/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.