Semarak Lomba HGN di MAN 2 Kulon Progo, Serunya Masih Terasa

Kulon Progo (MAN2KP) – Perayaan Hari Guru Nasional (HGN) MAN 2 Kulon Progo di tahun ini masih menyisakan cerita indah karena digelar dengan sangat spesial. Beberapa lomba khusus antarrumpun digelar dan dipusatkan di Kampus  2 Gotakan Panjatan. Guru dan pegawai seluruhnya ikut bahkan kepala madrasah pun turut berbagi bahagia ikut lomba.  Hingga sore tadi, (3/12/2021) cerita mengenang salah satu keseruan lomba pun masih dibahas.

Beberapa lomba yang digelar antara lain Tebak Kata bertempat di sisi barat aula, Karaoke Duet di sisi timur/panggung aula, Memasak bagi Bapak-Bapak di ruang APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian), dan lomba yang berkaitan dengan kompetensi guru yakni Video Pembelajaran secara online. Adalah Tebak Kata, lomba yang paling berkesan. Terbukti hampir setiap hari guru maupun pegawai masih saja mempraktikkan bagaimana mereka dulu membuat gerakan anggota tubuh tanpa sepatah kata pun agar bisa ditebak timnya. Kelucuan yang menggali kecerdasan verbal inilah yang menjadi tantangan. Ada saja gerakan kreatif yang dilakukan setiap peserta dari setiap tim yang terdiri dari lima anggota.

Menurut ketua panitia, MANDAKU menyemarakkan HGN di tahun ini dengan berbagai lomba dan seluruh guru dan pegawai wajib terlibat, “Setiap duta lomba akan mewakili rumpun masing-masing yaitu rumpun mapel IPS, MIPA,  Agama, Bahasa, Keterampilan, dan rumpun Pegawai. Untuk hadiah pun bersifat sesuatu yang bisa dinikmati bersama dan berbahagia bersama,” papar Muh Nur Kholis, S.Ag.

Sebagai kepala madrasah, Hartiningsih, M.Pd., sangat mendukung acara tersebut. Tanpa tanggung-tanggung, Aning (panggilan akrab Hartiningsih) juga berhasil menggaet sponsor dari para pihak yang bekerja sama dengan MANDAKU untuk memberikan door prize. Alhasil, hampir seratus doorprize terkumpul dengan berbagai macam barang yang berkesan. “Acara ini bertujuan untuk memperkuat tali silaturahmi antarguru dan pegawai. Lomba sengaja dibuat secara beregu untuk memupuk dan meningkatkan kekompakan dan lomba video pembelajaran dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan IT guru dalam mengolah materi ajar,” ungkap Aning. (yul/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.