Sepuluh Siswa MTsN 4 Kulon Progo Ikuti LKTI I2ASPO

Kulon Progo (MTsN4KP) – Sejumlah sepuluh siswa MTsN 4 Kulon Progo, telah mengikuti lomba karya tulis ilmiah I2ASPO 2021 dengan sistem penjurian online, Ahad (12/12/2021). Peserta I2ASPO terdiri dari berbagai negara di antaranya, Indonesia, Vietnam, Thailand dan negara-negara lain. Pandemi Covid-19 tak membuat surut semangat siswa-siswi MTs Negeri 4 Kulon Progo ini. Mereka tetap produktif dalam menulis karya.

Kepala MTsN 4 Kulon Progo, memberikan apresiasi positif terhadap kegiatan tersebut. Ia mendukung anak-anak untuk terus berinovasi dalam riset dan penelitian. “Apapun hasilnya nanti pastilah bermanfaat bagi kalian dan lingkungan. Semoga nanti akan tumbuh peneliti-peneliti baru bermunculan di madrasah kita ini,” ujar Drs. Sukarlan.

Salah satu guru pembimbimg dalam penelitian tersebut, Ambar Suryaningsih, S.Pd. mengatakan bahwa siswa MTsN 4 Kulon Progo memiliki gagasan yang original. “Tak menyangka anak-anak kita kreatif dan banyak inovasinya,” ungkap Ambar.

Terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok 1 terdiri dari Radisti Faradila (leader), Keysa Syafa Azahra, Alif Imam Suganda, Maghfira Puri Niswara, dan Maizatu Deka Saufia mereka mengambil judul penelitian “Barrier Breaking Waves From Waste Plastic Bottles.” Sedang kelompok dua terdiri dari Reisya Halwa Reihanah (leader), Evi Erlina Sari, Eka Apriliana, Faskia Azzakian Nabila dan Naswa Cindy Kartikasari, karya tulis yang meneliti tentang lulur dengan judul “Clove Leaf Body Scrub.”

Radisti Faradila mengambil penelitian tentang sampah plastik. “Hal ini karena sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan. Sehingga harapannya sampah plastik bisa berguna untuk dimanfaatkan sebagai model pemecah ombak,” jelas Radisti Faradila.

Sedang Reisya Halwa Raihanah memberikan penjelasan bahwa dengan memanfaatkan daun cengkih yang dibudidayakan masyarakat Girimulyo maka tak akan kekurangan bahan untuk membuat lulur ini. Karena bahan dasar utama dari lulur ini adalah daun cengkih.

Sementara itu Evi Erlinasari mengatakan bahwa mereka akan mengadakan inovasi lain. “Mungkin nanti kami juga akan mencoba membuat lulur dengan bahan dasar kulit durian,” ujarnya. (amb/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.