Boyolali (Kankemenag KP) – Penilaian ‘aku’ menurut diri sendiri, orang lain, dan yang sebenarnya jelas akan berbeda. Dalam sebuah forum atau lembaga harus bisa mempersatukan ‘aku’ dari berbagai versi tersebut menjadi ‘kami’ untuk kepentingan semua. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada Raker Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berlangsung di Desa Wisata Samiran, Selo, Boyolali, Sabtu (22/1/2022) malam.

“Dalam sebuah forum atau lembaga haruslah bisa mempersatukan ‘aku’ dari beberapa versi menjadi ‘kami’ untuk kepentingan kita semua. Hal ini karena penilaian ‘aku’ menurut diri sendiri, orang lain, dan yang sebenarnya jelas akan berbeda,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Wahib Jamil bahwa kedamaian dan kerukunan di Kulon Progo terjadi karena adanya sesuatu yang tidak tampak, tak terjangkau, atau bahkan sama sekali belum diketahui. “Untuk itu jika ada problematika di Kulon Progo, mari kita dalami terlebih dahulu. Barangkali ada sesuatu yang tersembunyi dan belum kita ketahui. Perkembangan pembangunan di Kulon Progo sangat pesat, tentu beberapa persoalan yang komplek dan sangat luar biasa menjadi PR bagi FKUB. Oleh karena itu kita semua harus aktif baik secara langsung maupun tidak langsung untuk turut andil dalam menyelesaikan berbagai persoalan tersebut,” tegas Kakan.

“Sedang untuk kaderisasi FKUB perlu melibatkan pihak-pihak lain. Hal ini tentu bertujuan untuk memperkuat kelembagaan FKUB. Oleh karenanya perlu dipertimbangkan masak-masak agar tidak malah menimbulkan persoalan baru di kemudian hari,” imbuh Jamil.

Kakan Wahib Jamil juga mengapresiasi kinerja FKUB yang telah turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan kerukunan umat beragama di Kulon Progo. “Tentu hal ini bisa menjadi contoh bagi pihak-pihak lain untuk turut memberikan kontribusi terbaiknya bagi umat beragama,” pungkas Jamil.

Hadir dalam Raker tersebut Kepala Kankemenag Kulon Progo sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat FKUB, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat, Pusham UII, serta 14 Pengurus dan anggota FKUB Kulon Progo. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.