Kulon Progo(Kankemenag KP) – Sebagai bentuk upaya meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan kemandirian pada pondok pesantren khususnya di wilayah Kulon Progo, Kankemenag melakukan kerjasama dengan dalam hal  penguatan pemberdayaan ekonomi dengan melibatkan Pusat Studi Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Pesantren (P2EP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan menerima  audiensi di Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, Senin (14/02/2022) dengan ketua rombongan Dr.Jeihan Ali Azhar,S.Si.,M.E.I selaku Direktur P2EP  beserta jajarannya di Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI).

Dalam sambutannya Kepala kantor H.M.Wahib Jamil,S.Ag.,M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas upaya P2EP UIN Sunan Kalijaga dalam melakukan kunjungan dan kerjasamanya dalam kemandirian di pesantren khususnya di wilayah Kulon Progo dalam hal penguatan, pengembangan dan pemberdayaan ekonomi. Semoga hasil silaturahmi ini dapat segera dirumuskan bersama menjadi Perjanjian Kerjasama (MoU)  yang baik antara Kankemenag Kulon Progo dengan FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebelumnya Dr,Jeihan Ali Azhar sangat mengutarakan dan mendukung progam tersebut, bahkan dari pihak Dekan sudah memerintahkan kepada kami untuk mendata serta memetakan dan melakukan identifikasi yang konkret dalam menunjang keberhasilan  progam kemandirian dan pemberdayaan ekonomi pada pondok pesantren.

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari pondok pesantren diantaranya dari PP.Pesawat K.H.Ahmad Su’adi, PP.Nurul Qur’an Kokap K.H,Nur Wahid, PP.Nurul Haromain Ustadz Agus, PP.Nurul Ummah Dua. Dalam paparannya para pengasuh pondok pesantren menyampaikan perkembangan,kondisi dan dinamika pesantren di masing-masing binaan dan pengasuhannya.

Diharapkan dengan melakukan pemetaan dan identifikasi masing-masing keunikan dan ciri khas di pondok pesantren akan menjadi bahan  untuk melakukan analisa awal dalam merumuskan pemberdayaan dan kemandirian ekonomi yang sesuai di masing-masing pesantren sebagai tindak lanjut pertemuan dan pendampingan langsung selanjutnya , ujar Dr.Jeihan disela-sela akhir audiensinya.

Acara silaturahmi ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan Kankemenag Kulon Progo sebelumnya yang dipimpin Kepala Kantor H.M.Wahib Jamil, S.Ag.,M.Pd pada bulan Oktober tahun 2021 yang lalu bersama Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) H.Moh Fauzi,S.Ag.,M.Pd. (dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.