Apel Pagi, Haris Widiyanto: Semua Harus Dipertanggungjawabkan

Apel Pagi, Haris Widiyanto: Semua Harus Dipertanggungjawabkan

Kulon Progo (Kankemenag) – Semua yang dikerjakan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya. Tidak hanya bertanggungjawab kepada atasan saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penyelanggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kulon Progo, Haris Widiyanto, S.H. menyampaikan hal itu saat menjadi Pembina Apel di halaman kantor setempat, Senin (21/2/2022) pagi.

“Semua yang kita lakukan, anti akan dimintai pertanggungjawabannya. Tidak hanya kepada atasan saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pada saatnya nanti akan dikunci mulut kita, lalu tangan yang menjawab, serta kaki menjadi saksi,” ujarnya.

Apel Pagi, Haris Widiyanto: Semua Harus Dipertanggungjawabkan

“Kinerja ASN merupakan hal yang harus senantiasa diperhatikan. Setidaknya ada 5 tipe orang dalam bekerja yaitu playback, flashback, cashback, work by intructions only, dan work by intruction and inovation. Hal ini kami sampaikan agar kita bisa bermuhasabah dan memperbaiki kinerja masing-masing,” imbuh Haris.

“Karakter-karakter orang dalam bekerja berbeda-beda. Ada yang playback bekerja seperti itu saja setiap harinya. Ada juga flashback yaitu melihat kebelakang untuk melakukan perbaikan. Kemudian ada juga type  cashback di mana ia bekerja dengan memikirkan keuntungan. Lalu ada type work by intructions yaitu bekerja hanya sesuai perintah saja. Serta yang terakhir yaitu work by intruction and innovation, di mana type ini bekerja sesuai dengan perintah dan berinovasi dalam pekerjaannya. Mari lihat sendiri termasuk ke dalam type yang manakah diri kita. Karena kita tidak bisa menjastifikasi orang lain,” pungkasnya.

Hadir dalam apel pagi tersebut, Kepala Kantor, Kasi/Penyelenggara, Pengawas Pendidikan Agama, Pengawas Madrasah, dan ASN Kankemenag Kulon Progo, serta Mahasiwa PPL UIN Saizu Purwokerto. (nal/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.