Pembinaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Kab. Kulon Progo

Kulon Progo (Kankemenag) – Guru merupakan garda depan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu guru perlu setiap saat mengembangkan kompetensi dirinya. Salah satu kompetensi yang langsung bersinggungan dengan peserta didik adalah kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Pengawas Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Kankemenag Kulon Progo, Isdiyati, S.Ag. menyampaikan hal itu dalam kegiatan Pembinaan  Guru Pendidikan Agama Katolik Sekolah Dasar yang bertempat di Balai Pertemuan Gereja Katolik Nanggulan, Senin (21/2/2022).

“Guru perlu terus-menerus mengembangkan kompetensi, terutama dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Kegiatan KKG PAKat dalam penyusunan  instrumen evaluasi penilaian tengah semester merupakan upaya konkret mengembangkan kompetensi tersebut,” ungkap Isdiyati.

Pembinaan  Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Kab. Kulon Progo

“Selain itu guru juga perlu mengembangkan kompetensi sosial dan individual, sehingga dapat menjadi teladan yang menginspirasi baik bagi peserta didik maupun masyarakat. Hal ini menjadi penting, karena selain sebagai seorang Aparatur Sipil Negara atau pejabat fungsional, guru juga merupakan anggota masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua KKG PAKat, Slamet Raharjo mengungkapkan pentingnya pertemuan KKG sebagai upaya guru untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan. (slm/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.