Pengajian Aparat Kalibawang, Kakan Wahib Jamil: Kuatkan Moderasi Beragama

Pengajian Aparat Kalibawang, Kakan Wahib Jamil: Kuatkan Moderasi Beragama

Kulon Progo (Kankemenag) – Peningkatan moderasi beragama sangat penting untuk dilakukan. Karena saat ini setidaknya ada berbagai macam problematika dalam pelaksanaan moderasi beragama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat menyampaikan ceramahnya pada Pengajian Aparat yang berlangsung di Mushala Kapanewon Kalibawang, Rabu (2/2/2022) pagi.

“Setidaknya ada tiga problematika yang dihadapi dalam pelaksanaan moderasi beragama. Ketiga problematika itu antara lain: Pertama, Berkembangnya pemahamaan dan pengamalan keagamaan yang berlebihan, melampaui batas, dan ekstrem, sehingga malah bertolak belakang dengan esensi ajaran agama. Kedua, Munculnya klaim kebenaran atas tafsir agama. Dan ketiga, Pemahaman yang justru merongrong atau mengancam, bahkan merusak ikatan kebangsaaan,” ujarnya.

Pengajian Aparat Kalibawang, Kakan Wahib Jamil: Kuatkan Moderasi Beragama

“Dengan demikian sangat penting adanya upaya peningkatan moderasi beragama. Dalam upaya penguatan moderasi beragama tersebut, paling tidak ada empat indikator yang harus dikuatkan, yaitu: komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, serta penerimaan terhadap tradisi,” imbuh Kakan.

“Agama tidak boleh dipertentangkan dengan nilai kebangsaan. Karena sesungguhnya cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Selanjutnya toleransi umat beragama harus terus dipertahankan. Karena dengan toleransi tersebut kerukunan umat beragama akan terjalin dengan baik. Semua agama juga melarang kekerasan. Tidak diperbolehkan mengklaim yang paling benar dalam beragama. Agama juga tidak boleh dipertentangkan dengan adat dan tradisi. Justru agama dengan adat dan tradisi harus berjalan beriringan serta saling bersinergi,” pungkas Jamil.

Kakan Wahib Jamil juga mengapresiasi kepada Panewu, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA dan Lurah se-Kalibawang yang telah mewujudkan kondusivitas di Kalibawang yang telah terjalin dengan baik selama ini. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.