Kulon Progo(KankemenagKP) – Kankemenag Kulon Progo terus berupaya untuk melakukan sosialisasi moderasi beragama dan meningkatkan toleransi kerukunan umat beragama, salah satunya melalui kegiatan Capacity Building yang dikemas melalui kegiatan outbound yang diselenggarakan pada Rabu (02/03) di Puncak Becici Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diikuti 30 peserta dari perwakilan Rohani Islam Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan se Kabupaten Kulon Progo.

Dalam sambutan Kepala Kantor H.M.Wahib Jamil, S.Ag.,M.Pd pada acara pelepasan di halaman Kankemenag Kulon Progo mengutarakan tentang arti pentingnya menguatkan dalam kerukunan umat beragama. “Dengan pemahaman dan pengamalan nilai yang terkandung dalam  Al Qur’an secara baik dan benar diharapkan dapat meningkatkan moderasi beragama. Indikasinya dengan kuatnya komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, serta tidak mempertentangkan agama dengan budaya dan tradisi. Dengan demikian akan benar-benar tercipta kerukunan umat beragama di tengah kehidupan masyarakat yang heterogen,” pungkas Jamil.

Hal senada juga disampaikan Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H.Moh.Fauzi,S.Ag.,M.Pd untuk meningkatkan pemahaman dalam moderasi beragama kita harus memahami dan menghargai berbagai budaya dan toleransi terhadap semua agama. Hal ini tentunya diharapkan dapat pula terimplementasikan dalam kehidupan beragama yang nyata, dimana antar pemeluk agama saling menghargai, saling bekerja sama dalam mewujudkan moderasi dan harmonisasi kerukunan antar umat beragama. (dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.