Kulon Progo (KankemenagKP) – Bertempat di kantor FKUB hari Selasa 29 Maret 2022 diterima langsung Oleh ketua Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB), Agung Mabruri Asrori, beserta jajaran  pengurus, menerima audiensi dan kunjungan kerja serta silaturahmi  dari Badan pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kulon Progo.

Agung Mabruri dalam sesi ucapan selamat datang menyampaikan terima kasih atas kehadirannya dan menegaskan bahwa anggota FKUB lainnya hari ini sedang berbagi tugas karena kebetulan ada acara bersamaan dengan Dinas Kebudayaan dan Pemkab setempat menggelar kegiatan Nyadran Agung juga pas hari dan jam yang sama, selanjutnya Agung menyampaikan bahwa FKUB juga menginisiasi terwujudnya Peraturan Bupati Kulon Progo nomor 52 tahun 2020 tentang berbagai hal mengenai peraturan pendirian tempat ibadah dan rumah ibadat.”ungkap Agung.

Lebih lanjut ketua FKUB menyampaikan beberapa hal. Hal tentang kondisi  persoalan kerukunan yang ada di wilayah  Kulon Progo, dan pada prinsipnya semua harus selektif dalam menyikapi  tentang isu kerukunan dan konflik terlebih yang mencuat di media sosial.

” Apalagi persoalan kerukunan itu persoalan kualitatif bukan kuantitatif, maka perlu terus diupayakan untuk menjaga kerukunan di Kulon Progo, “pungkas Agung.

Sedangkan  Ketua Bawaslu, Ria Harlinawati, S. I. P. M. A. menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran di FKUB, ” Karena personil kami juga terbatas, sekadar flashback pelaksanan pemilu tahun 2019, Terima kasih atas kerjasama dan sinerginya sehingga kami diberi kesempatan untuk bersosialisasi  tentang pelaksanaan Pemilu yang rencana akan dilaksanakan pada tanggal. 14 Februari 2024 mendatang, ” tutur Ria.

Lebih lanjut Ria memaparkan bahwa tugas Bawaslu adalah mengawasi pelaksanaan Pemilu dan setidaknya ada dua poin penting yang perlu disampaikan yaitu tentang pencegahan dan penindakan, “Kami bekerja berdasar regulasi bukan asumsi”. Pungkas Ria.

Sebagai evaluasi Pemilu di tahun 2019 ada semisal politik uang dan ujaran kebencian apalagi warta tersebut banyak dipampang di medsos meskipun sudah sering ditekankan bahwa saring dulu baru share, jangan gegabah dengan info Hoaxs dan sebagainya

Sesi akhir Ketua Bawaslu mengapresiasi atas kinerja FKUB dalam mengupayakan kondisi Kulon Progo untuk tetap terjaga kerukunan dan terkondisi. Dan bersama Forum ini Bawaslu menghimbau kepada tokoh agama untuk tetap bersinergi mewujudkan kerukunan dan pengawasan Pemilu mendatang. Begitu pula FKUB akan mendukung kegiatan Bawaslu dan berterima kasih atas sinergitas untuk upaya untuk menjaga suasana yang kondusip pra, saat pemilu maupun pasca Pemilu.

Acara dilanjutkan dengan  penyerahan buku FKUB yang ditulis oleh para tokoh pemuka lintas agama  oleh Ketua FKUB  Kulon Progo Agung Mabruri Asrori. ( izs/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.