Nyepi, Momentum Tingkatkan Moderasi Beragama

Nyepi, Momentum Tingkatkan Moderasi Beragama

Kulon Progo (Kankemenag) – Umat Hindu tengah memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Peringatan Nyepi tersebut diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan moderasi beragama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela aktivitasnya, Kamis (3/3/2022).

“Nyepi tahun ini diharapkan menjadi momentum meningkatkan moderasi beragama. Hal ini sesuai dengan tema perayaan Nyepi tahun ini yaitu Aktualisasi Nilai Tat Twam Asi Dalam Moderasi Beragama Menuju Indonesia Tangguh,” ujarnya.

“Dalam beragama, tentu bukan hanya hubungan manusia dengan Tuhan saja. Namun juga hubungan manusia dengan sesama dan alam semesta. Untuk itu keberagamaan seseorang haruslah secara moderat. Adapun indikatornya meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan tidak membenturkan agama dengan budaya dan tradisi,” imbuh Kakan.

“Dengan demikian diharapkan kerukunan umat beragama yang selama ini telah terjalin dengan baik akan semakin meningkat. Hal ini selaras dengan program pemerintah yang akan mencanangkan 2022 ini sebagai Tahun Toleransi. Semua agama sudah semestinya dapat mendukung program pemerintah tersebut,” pungkas Jamil. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.