Kulon Progo (Kankemenag) – Pengawas PAI Kankemenag Kulon Progo melakukan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan Ujian Sekolah Pendidikan Agama Islam (USPAI) dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Dasar (SD). Monev dilakukan semua Pengawas terhadap pelaksanaan USPAI secara serentak di seluruh kapanewon se-Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (12/4/2022) pagi.

Pengawas PAI wilayah Kapanewon Wates, Kokap dan Temon, Drs. Tukidi, M.S.I. telah melaksanakan monev pada SDN Gadingan dan SDN Sogan, Kapanewon Wates, serta SDN Hargorejo Kapanewon Kokap. Pengawas PAI wilayah Galur, Lendah, dan Panjatan, Anjar Purwantari, S.Ag., M.SI telah melaksanakan monev SDN 3 Sungapan Kapanewon Galur, SDN Tayuban Kapanewon Panjatan, dan SDN Cabean Kapanewon Lendah.

Selanjutnya Pengawas PAI wilayah Girimulyo, Kalibawang, dan Samigaluh, DR. H. Agus Basuki, S.Ag., M.SI. melaksanakan monev di SDN 1 Sukomoyo dan SDN 2 Sukomoyo Kapanewon Girimulyo. Sedang Pengawas PAI wilayah Sentolo, Pengasih, Nanggulan, Dra. Hj. Mardiyatun, M.Ag. melaksanakan monev di SDN 2 Sentolo, SDN 3 Sentolo, dan SDN Kalimenur Kapanewon Sentolo.

Koordinator Monev Drs. Tukidi, M.S.I sekaligus sebagai Ketua Kelompok Kerja Pengawas (Kapokjawas) menyampaikan bahwa kegiatan monitoring ini dilaksanakan dalam rangka memantau pelaksanaan ujian yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan sesuai dengan Juknis. Kami memantau pelaksanaan USPAI yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan. Sekaligus tujuan ujian PAI merupakan penilaian hasil belajar oleh Satuan Pendidikan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang,” ujarnya.

Anjar Purwantari mengatakan bahwa mata pelajaran PAI selain ujian tertulis juga harus dilaksanakan ujian praktik. “Hal itu dalam rangka mengimplementasikan teori PAI dalam praktiknya. Karena nilai PAI disamping kognitif (pengetahuan), juga sikap dan ketrampilan sangat diperlukan,” kata Anjar.

Sementara itu Kepala SDN Gadingan, Cicilia Sriningsih, S.Pd., dan SDN Hargorejo, Muhaminan Khayi, S.Pd. mengucapkan terima kasih atas kehadiran petugas monitoring dari Kankemenag Kulon Progo di sekolah setempat. “Semoga kehadirannya menambah semangat dan membawa manfaat demi kemajuan kami. Sekolah akan selalu berusaha melaksanakan ujian sesuai dengan Juknis maupun POSnya baik dari Kemenag maupun Dikpora. Tahun ini ujian sekolah bisa dilaksanakan secara offline atau tatap muka dan berjalan lancar,” tuturnya. (tkd/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.