Kulon Progo (KUA Sentolo) – Kegiatan pengajian rutin di Mushola Al-Ikhlas Komplek Kapanewon Sentolo Jumat pagi (22/04/2022) berlangsung dengan lancar. Hadir dalam pengajian tersebut, Panewu Raden Sigit Purnomo, SIP, Kepala KUA Kapanewon Sentolo Muhamad Sururudin, S.Ag,  Panewu Anom Rujito, MM, dan seluruh jajaran pegawai di Kantor Kapanewon Sentolo serta dua Penyuluh Agama Kua Kapanewon Sentolo.

Dalam kesempatan tersebut, Panewu Raden Sigit Purnomo, SIP mengharapkan agar seluruh pegawai Kapanewon Sentolo yang beragama Islam, agar mempunyai semangat mempelajari Agama, ke depan diagendakan untuk meningkatkan tadarus Al-Qur’an dan dalam kesempatan hari ini, kita harapkan pencerahan dengan pengajian mengenai ibadah Sholat.

H.Rohman, S.Ag Penyuluh agama Islam KUA Kapanewon Sentolo dalam tausiyahnya menjelaskan bahwa sholat harus dipersiapkan dan dilaksanakan sebaik-baiknya, saat hendak sholat hendaklah berhenti sejenak dari kesibukan dan mantapkan dalam hati,  Sholat harus memenuhi syarat dan rukunnya, syarat sholat harus berwudhu dan bersih dari hadats dan najis. Hadas kecil disucikan dengan berwudhu, hadis besar dengan mandi besar,  adapun najis harus disingkirkan .Adapun Rukun sholat harus niat dibarengkan dengan takbiratul ihram, ruku’ harus lurus punggungnya, dilanjutkan I’tidal  adapun sujud sejajar dengan tangannya, tidak boleh membiarkan tangannya berada di lantai,cukup telapak tangannya. Dan lakukan sholat itu dengan Tuma’ninah, ada jedanya antara gerakan satu dengan gerakan berikutnya, jangan tergesa-gesa.

Selanjutnya Kepala KUA M.Sururudin mengungkapkan danmemberikan  apresiasinya  dengan progam yang telah dicanangkan oleh Panewu Sentolo untuk terus bersinergi dalam memberikan pemahaman dan mempelajari isi kandungan Al-Qur’an, serta mendukung sepenuhnya agar  progam tersebut dapat segera direalisasikan paska Ramadhan mendatang, harapnya. (syam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.