Kulon Progo (KUA Sentolo) – Penyuluh Agama Islam Kapanewon Sentolo, Drs.H.Damanhuri, MA, melaksanakan tugas Khutbah Jum’at di Masjid al-Amin Klebakan Sentolo Kulon Progo, Jumat (22/04/2022).

Dalam khutbahnya,   H.Damanhuri ,MA menyampaikan, bahwa tiada terasa, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan telah tiba.Hari-hari terakhir Ramadhan ini akan menjadi saksi tentang apa yang kita lakukan.Inilah saatnya  kita berburu Ridha Allah. Betapa banyak orang yang berharap untuk bertemu dengannya dan memperoleh barakahnya, tetapi ajal memutus harapannya.Kita bersyukur, Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan hari-hari terakhir Ramadhan ini, Semoga kita diberi kekuatan untuk beribadah sebaik mungkin dan mengisinya dengan ketaatan.

Dalam lanjutan khutbahnya, dituturkan jika telah memasuki sepuluh malam terakhir Ramadhan, apa yang dilakukan Rasulullah SAW? Aisyah menceritakan sebagai berikut :”Rasulullah apabila sepuluh malam terakhir Ramadhan telah tiba, beliau menghidupkan malam dan ibadah-ibadah yang lain, bersungguh-sungguh dalam beribadah melebihi apa yang biasanya dilakukan dan tidak menggauli isteri-isterinya”.(HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sepuluh hari terakhir Ramadhan adalah diantara waktu yang paling baik dan Mustajabah.Waktu tersebut kita manfaatkan untuk terus menerus berdoa, doa kebahagiaan dunia akhirat, memohon ampunan dosa, keberkahan rezeki, panjang umur dalam ketaatan, terhindar dari segala macam musibah dan wabah, dan lain sebagainya.

Rasulullah SAW bersabda :”Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak tergesa-gesa untuk dikabulkan dengan mengatakan : aku telah berdoa tapi belum juga dikabulkan” (HR Ahmad).

Disampaikan juga oleh H.Damanhuri, MA bahwa pada sepuluh malam terakhir ini, kita juga dianjurkan berburu Lailatul Qodar, malam yang amal baik kita didalamnya lebih utama daripada amal baik seribu bulan atau 83 tahun 4 bulan. “Allah merahasiakan kapan Lailatul Qodar  itu, Rasulullah memerintahkan kita untuk memburunya pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.Kalau kita ingin memperoleh barakah Lailatul Qodar secara pasti, maka kita hidupkan seluruh malam bulan Ramadhan dengan ibadah dan ketaatan,tegasnya. Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qodar (dengan sholat dan berbagai ibadah) dengan dilandasi keimanan dan niat semata mengharap ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Kepala KUA Kapanewon Sentolo Muhamad Sururudin, S.Ag, beserta dua pegawai KUA, yang juga melaksanakan sholat Jumat di Masjid Al-Amin membenarkan jika takmir masjid al-Amin Klebakan Sentolo, mengajukan permohonan imam dan khatib pada setiap jumat pon, dan  khutbah dijadwalkan bergantian diantara  pegawai kua dan penyuluh Agama yang ada, kebetulan jumat pon kali ini giliran H.Damanhuri, MA penyuluh madya Kua Kapanewon Sentolo, pungkasnya.(Ant/Syam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.