Kulon Progo (Kankemenag) – Manusia bisa belajar tentang akhlak melalui kisah-kisah terdahulu. Dari kisah-kisah tersebut seseorang bisa mendapatkan berbagai teladan. Penyuluh Agama Islam Fungsional Kankemenag Kulon Progo, Drs. Suyatno menyampaikan hal itu dalam ceramahnya pada Safari Tarawih di Masjid Baiturrohman, Batikan, Demen, Temon, Senin (25/4/2022) malam.

“Kita bisa mengambil pelajaran dari berbagai kisah terdahulu. Dari kisah-kisah tersebut kita bisa mendapatkan banyak teladan. Salah satunya adalah pelajaran tentang akhlak,” ujarnya.

“Saat ini kita belajar dari kisah Khalifah Umar bin Khattab ketika bertemu dengan budak pengembala kambing. Khalifah bertanya kepada penggembala. Hai penggembala, kambing itu milik siapa? Jawab penggembala: Itu milik juragan saya,” imbuh Suyatno.

“Kemudian Umar mau membeli salah satu kambingnya. Umar berpesan dan meminta penggembala mengatakan kalau ditanya juraganya, bilang saja kambing dimakan binatang buas. Jadi uang bisa kamu pakai. Tapi budak tadi tidak mau karena takut kepada Allah. Mendengar jawaban penggembala itu Umar menangis dan kagum kepadanya,” terangnya.

“Akhirnya budak tadi ditebus oleh Umar, sehingga  penggembala tadi sudah bebas dan tidak menjadi budak lagi. Semoga riwayat  yang kami sampaikan ini bisa menjadi tauladan bagi semua umat muslim,” pungkas Suyatno.

Sementara itu Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutejo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan Takmir Masjid Baiturrahman dan menyerahkan bantuan Baznas.  Bupati juga menyampaikan bahwa sekarang sudah banyak kelonggaran mengenai prokes yang berlaku dan diperbolehkan melaksananakan shalat di Masjid. “Saat ini telah banyak kelonggaran dari pemerintah. Namun jangan kendor dengan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sutedjo juga menyampaikan larangan kepada warga agar tidak membakar mercon, serta mengurangi keluar malam. Terutama remaja untuk mengantisipasi adanya klitih yang baru marak. Yang terakhir Bupati pamit atas masa jabatannya akan berakhir tanggal 22 Mei 2022 mendatang.

Selain Bupati, hadir dalam Safari Tarawih tersebut Kepala Kankemenag Kulon Progo, Forkopimda, Kepala OPD, Panewu Temon, Forkopimkap, Lurah Demen, dan jamaah masjid setempat. (rus/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.