Kulon Progo (KUA Sentolo) –Kementerian Agama RI di tahun 2022 melalui BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) telah memfasilitasi  10 Juta sertikasi halal gratis bagi UKM dengan Progam SEHATI (Sertifikasi Haalal Gratis) oleh Gusmen sebutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas .

Hal ini disampaikan Penyuluh Agama Islam Non PNS Kapanewon Sentolo, Muhammad Musodiqin, S.Pd.I, saat memberikan kultum setelah Sholat Tarawih di Masjid Baitul Amin, Banggan, Sukoreno , Sentolo, Kulon Progo, Selasa (26/04/2022).

Dalam Kultumnya,Musodiqin menyampaikan  bahwa seorang Muslim hendaknya mengonsumsi barang yang halalan thayyiban. Sebagian orang memahaminya dalam artian “halal lagi baik”. Halal adalah apa saja yang telah dihalalkan oleh Syar’i sedangkan haram adalah segala sesuatu yang telah diharamkam oleh syar’I atau aturan agama islam, adapun haram bisa dibagi menjadi dua aspek :

Pertama,  haram secara dzat atau secara materi telah dinyatakan haram oleh syariat, seperti babi, bangkai, dan darah.

Kedua, haram bukan secara dzat-nya, tapi bisa dari cara membeli, memperoleh, atau mengolah barang tersebut.

Lebih lanjut makna thayyib secara umum artinya “sesuatu yang dirasakan enak oleh indra dan jiwa”, tuturnya. Kata ini merupakan tasrifan dari kata thâba – yathîbu – thayyiban. Beberapa makna lain kata ini adalah “suci dan bersih”, “baik dan elok”, “enak”, serta dalam konteks fiqih, thayyib kadang dimaknai sebagai halal juga, tandasnya.

Dalam Al-Qur’an kata thayyib banyak disebutkan dalam berbagai bentuk kata, yaitu dengan lafal thayyiban, thayyibah, dan thayyibât. Salah satu ayat yang menyebutkan halalan thayyiban adalah dalam QS al-Baqarah ayat 168:

 يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَات الشَّيْطَانِ  إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ ۚ    

Artinya: Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian.

Lanjut  Musodinqin dalam Kultumnya, mendorong kepada jama’ah masjid Baitul Amin yang mempunyai usaha dan pelaku UKM khusuasnya di kapanewon sentolo yang produknya ingin disertifikasi halal, maka langsung saja datang ke KUA Kapanewon Sentolo atau menghubungi Penyuluh Agama Islam Non PNS karena setiap Kalurahan ada satu orang penyuluh Agama Islam yang ditugaskan.

Marsudi M.Pd sebagai takmir Masjid Baitul Amin saat dikonfirmasi, membenarkan kultum menjelang Sholat Tarawih biasanya dinamakan dengan Kultum atau kuliah tujuh menit  yang jadwal Imam sekaligus penceramahnya diundang secara bergantian baik dari wilayah kalurahan Sukoreno maupun sekitarnya dan pada selasa 26 April 2022 adalah Jadwalnya Muhammad Musodinqin, S.Pd.I. (qin/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.