BRUS, Kakan Wahib Jamil: Selektif Pilih Teman Dekat

Kulon Progo (Kankemenag) – Seorang teman dekat bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Namun sebaliknya, teman dekat juga bisa membawa manusia ke pergaulan yang salah. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyapakan hal itu dalam Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) yang berlangsung di SMAN Sentolo, Selasa (19/4/2022) pagi.

“Teman dekat bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Namun bisa juga teman dekat membawa kita ke jalan yang salah. Karena itu berhati-hati dan selektiflah dalam memilih teman dekat,” ujarnya.

BRUS, Kakan Wahib Jamil: Selektif Pilih Teman Dekat

“Remaja adalah generasi penerus bangsa. Maka hendaklah selalu bersemangat dalam menuntut ilmu. Selain itu remaja juga hendaklah tidak salah mencari teman dalam bergaul. Harapannya agar remaja tidak terjerumus ke pergaulan bebas,” imbuh Kakan.

Kakan juga mengingatkan tingginya angka pernikahan anak. Triwulan pertama tahun 2022 sudah ada 22 permohonan dispensasi nikah di bawah usia 19 tahun. Sebagian besar permasalahannya adalah kehamilan yang tidak dikehendaki. Sehingga remaja harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus. “Salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan agar tidak tergoda adalah dengan berpuasa dan mengendalikan diri, membangun kebersamaan untuk saling mengingatkan dan melindungi sesama, serta membangun keterbukaan dengan siapapun. Jika ada permasalahan jangan menggunakan aliran kebatinan atau memendam permasalahan sendiri,” pungkas Jamil.

BRUS, Kakan Wahib Jamil: Selektif Pilih Teman Dekat

Salah satu peserta, Luthfiana Azizah merasa senang mengikuti acara BRUS di sekolahnya tersebut. “Saya merasa senang mengikuti acara tersebut karena mendapat banyak manfaat. Saya mengetahui ikhtiar-ikhtiar yang dapat dilakukan agar dapat mengendalikan diri dari kesulitan-kesulitan di jaman ini. Juga mengerti pentingnya menuntut ilmu. Saya juga mendapat motivasi untuk diri sendiri, barang siapa yang berjalan untuk mencari ilmu, maka ia akan menjadi ahli surga,” tuturnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.