Kulon Progo (Kankemenag) – Hubungan komunikasi dan koordinasi antara Ulama dan Umara harus terus ditingkatkan. Sehingga antara keduanya bisa saling mendukung dan bekerja sama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela mendampingi Bupati, Drs. H. Sutedjo dalam Silaturahmi dan Halal Bihalal ke Pondok Pesantren dan Panti Asuhan yang berlangsung Ahad (8/5/2022).

“Kunjungan ini digelar dalam rangka silaturahmi dan halal bihalal. Juga sebagai media untuk meningkatkan komunikasi antara Ulama dan Umara. Sehingga diharapkan keduanya dapat mendukung dan bekerja sama,” ujarnya.

“Kunjungan ini juga sebagai wahana bagi Kankemenag untuk melakukan pemantauan dan pembinaan kepada pondok pesantren. Hal ini karena pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan di bawah binaan Kankemenag. Sehingga Kankemenag mempunyai tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan serta pembinaan kepada pondok pesantren di bawah binaannya. Kunjungan silaturahmi ini juga menjadi bagian dari program Tour de Pontren Kankemenag Kulon Progo,” imbuh Kakan.

“Salah satu program prioritas Kemenag adalah kemandirian pesantren. Tentu hal ini membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Sehingga diharapkan dengan kerjasama dari semua pihak tersebut program ini dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat bagi masyarakat luas. Hal ini tentu juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada umat,” pungkas Jamil.

Adapun kunjungan silaturahmi dan halal bihalal ini dilakukan ke PP Al Miftah (Kauman, Nanggulan), PP Al Manar (Pengasih), PA Muhammadiyah (Kokap), PP Al Hidayah (Karangwuluh, Temon), PP Pesawat (Wates), dan PP Darul Ulum Muhammadiyah (Galur).

Dalam kunjungan silaturahmi tersebut juga disampaikan bantuan dari Baznas Kulon Progo untuk Pondok Pesantren dan Panti Asuhan yang dikunjungi tersebut. Kunjungan diikuti oleh Bupati, Kepala Kankemenag, Kapolres, Unsur Forkopimda, dan Kepala OPD terkait. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.