Kulon Progo (Kankemenag) – Perjalanan hidup yang dilalui manusia sebenarnya sudah menjadi pilihan dari Allah SWT. Dan itulah yang terbaik bagi manusia. Sehingga perlu disadari bahwa apapaun yang terjadi pada perjalanan hidup seseorang, itulah pilihan terbaik dari Allah untuk dirinya. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam ceramahnya pada Syawalan Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) yang digelar di Aula Menoreh kantor setempat, Jum’at (20/5/2022) pagi.

“Perjalanan hidup manusia adalah pilihan terbaik dari Allah SWT. Itu pasti yang terbaik bagi kita. Sehingga kita harus sadar bahwa semua yang terjadi adalah pilihan Allah yang terbaik. Maka nikmatilah setiap perjalanan hidup kita dengan ikhlas dan selalu bahagia,” ujarnya.

“Pandemi yang sekitar dua tahun ini kita hadapi mampu membuka wawasan kita. Bahwa kita harus mengatasi suatu masalah yang dihadapi dengan berprinsip pada integrasi, interkoneksi, interdisiplin, serta multidisiplin. Hal ini disebabkan monodisiplin tidak mampu menjawab problematika umat dan masyarakat,” imbuh Kakan.

“Saat ini ada 3 tantangan besar yang dihadapi oleh umat beragama di Indonesia termasuk di Kulon Progo. Ketiga tantangan tersebut yakni: Pertama, Berkembangnya cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang berlebihan (ekstrim), serta mengesampingkan martabat kemanusiaan. Yang Kedua, Berkembangnya klaim kebenaran subyektif dan pemaksaan kehendak atas fungsi agama serta pengaruh kepentingan ekonomi dan politik berpotensi memicu konflik. Ketiga, Berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa dalam bingkai NKRI,” tuturnya

“Untuk itulah moderasi beragama menjadi sangat penting, dengan indikator adanya komitmen kebangsaan (aman NKRI), sikap toleransi, anti kekerasan baik verbal maupun nonverbal, dan menghormati budaya dan tradisi. Sehingga tidak dibenarkan membenturkan budaya dan tradisi, agama dan budaya, serta agama dan negara,” pungkas Jamil.

Sementara itu Ketua APSI Kulon Progo, Edy Sutanto, S.Pd. M.Pd. mengungkapkan bahwa saat ini organisasinya beranggotakan 56 pengawas dari semua jenjang, baik itu dari Kankemenag Kulon Progo maupun Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.