Kulon Progo (MIN1KP) – Sebanyak 60 guru dari berbagai jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA mengikuti kegiatan Pawiyatan Bahasa dan Aksara Jawa yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kulon Progo. Guru kelas 1 MIN 1 Kulon Progo, Umi Bariyah, S.Pd.I.  sebagai salah satu peserta dalam kegiatan tersebut. Bertempat di di Gedung Darmais, Pengasih, Kulon Progo kegiatan pawiyatan dilaksanakan selama 2 hari Selasa–Rabu (24-25/5/2022). Hal itu disampaikan oleh Kepala MIN 1 Kulon Progo Kasmad Rifangi,M.Pd.I. di sela-sela aktivitasnya di madrasah setempat, Selasa (24/5/2022).

“Alhamdulillah guru MIN 1 Kulon Progo diberi kesempatan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo untuk mengikuti kegiatan Pawiyatan Bahasa dan Aksara Jawa di Gedung Darmais selama dua hari. Untuk MIN 1 Kulon Progo di wakili oleh Umi Bariyah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasmad menjelaskan bahwa kegiatan Pawiyatan Bahasa dan Aksara Jawa ini dilaksanakan untuk memasyarakatkan bahasa dan aksara Jawa. “Kegiatan Pawiyatan Bahasa dan Aksara ini bertujuan untuk melestarikan, mengembangkan, dan memasyarakatkan bahasa dan aksara Jawa. Semoga ilmu dan pengetahuan yang diperoleh nantinya bisa diimbaskan kepada teman-teman MIN 1 Kulon Progo yang lain,” tegasnya.

Sementara itu Umi Bariyah,S.Pd.I. juga mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Pawiyatan Bahasa dan Aksara Jawa tersebut. “Alhamdulillah, saya merasa senang diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. Hal ini tentunya membuat saya bisa belajar bersama peserta lain untuk menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang bahasa dan aksara Jawa,” tuturnya.

Sebagai pemateri dalam Pawiyatan Bahasa dan Aksara untuk Guru Tingkat SD/MI yaitu Setya Amrih Prasaja,S.S. untuk materi Aksara Jawa, Slamet Nugroho dengan materi Unggah-Ungguh, dan Parmi,S.Sn. materi Tembang Macapat. (cha/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.