Kulon Progo (MIN2KP) – Salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Sri Handani Widiyaningrum mengikuti pelatihan bahasa dan aksara jawa yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo, dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan ini   bertempat di Gedung Dharmais Pengasih. Diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Hal itu disampaikan Kepala MIN 2 Kulon Progo Hartati, S.Pd.I di sela-sela kegiatan di madrasahnya, Selasa (24/5/2022).

“Saya senang, karena salah satu guru MIN 2 Kulon Progo di beri kesempatan oleh Dinas Kebudayaan untuk mengikuti pelatihan tersebut. Program ini merupakan penyelenggaraan keistimewaan Yogyakarta. Adapun nama kegiatan yakni sejarah bahasa sastra dan permuseuman. Sedangkan sebagai tolok ukurnya pawiyatan bahasa dan aksara jawa. Tujuan kegiatan ini yakni melestarikan, mengembangkan, serta memasyarakatkan bahasa dan aksara jawa,” papar Hartati.

“Semoga setelah pelatihan, ilmu yang di dapat bisa diimbaskan kepada guru yang lain. Mungkin ada hal baru yang belum diketahui oleh teman-teman guru. Meskipun bahasa jawa merupakan bahasa ibu yang biasa digunakan sehari-hari, namun karena ada tingkatan-tingkatannya ketika berbicara maka hal itu sedikit mengalami kesulitan. Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan sehari-hari yang ditanamkan sejak kecil,” lanjut Hartati.

Sri Handani Widiyaningrum sendiri juga merasa senang dapat mengikuti pelatihan bahasa  dan  aksara jawa. “Saya senang dapat mengikuti pelatihan tersebut. Sebagai guru kelas madrasah ibtidaiyah, harus dapat mengampu semua mata pelajaran termasuk bahasa dan akasara jawa. Alhamdulillah ada pelatihan ini yang memang dibutuhkan untuk menambah wawasan dan keilmuan. Semoga bermanfaat untuk saya, peserta didik, dan guru MIN 2 Kulon Progo. Adapun  sebagai nara sumber Setya Amrih Prasaja, S.S (aksara jawa), Slamet Nugroho  (unggah ungguh) dan Suparmi, S.Sn (tembang macapat),” ujar Sri Handani. (dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.