Kulon Progo (MAN1KP) – Sejumlah 30 siswa MAN 1 Kulon Progo mengikuti edukasi gizi seimbang yang dilaksanakan di ruang AVA madrasah setempat pada Selasa (24/5/2022) mulai pukul 10.30 sampai 11.30 WIB.

Kegiatan tersebut didampingi oleh Wakil Kepala Bidang Humas, H. Akh. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I., Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd., dan Pembina UKS, Nur Hidayati, S.Pd.I. Edukasi gizi ini bekerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1.

Akh. Khudlori menyambut baik kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, Puskesmas Pengasih 1 mempunyai kegiatan edukasi gizi. Semoga siswa yang mewakili kelasnya dapat menyampaikan ilmu yang didapat kepada teman dan keluarganya,” tuturnya.

Materi edukasi gizi disampaikan oleh Susiana Indri Utami, AMd.Gz dan Erna Asih Pribakti, A.MKL. Erna menyampaikan bahwa perilaku hidup sehat harus terus dilakukan agar kita terhindar dari penyakit yang menular.
“Tetap patuhi protokol kesehatan karena pandemi korona belum usai. Dengan menggunakan masker kita dapat mengurangi resiko penularan covid, TBS, dan Hepatitis,” jelas Erna.

Saat ini ada beberapa masalah yang disebabkan gizi yang tidak seimbang antara lain anemia, KEK (Kurang Energi Kronis), dan gizi lebih atau kegemukan. Susiana Indri Utami menambahkan bahwa pentingnya gizi seimbang agar mengurangi masalah gizi pada remaja tersebut.
“Syarat menu seimbang ada empat pilar yaitu mengkonsuk\msi pangan beraneka ragam, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, mempertahankan diri, dan memantau BB normal. Gizi seimbang harus mengandung zat besi, protein, kalsium, zink, dan vitamin,” jelas Susi.

Di tempat terpisah, kepala madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., merasa bersyukur karena kerja sama dengan Puskesmas sangat membantu dalam mengatasi masalah gizi dan kesehatan siswa.
“Alhamdulillah berkat kerja sama dengan Puskesmas Pengasih 1, warga MAN 1 Kulon Progo semakin sehat dan bahagia,” ungkap Edi. (nhd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.