Kulon Progo (MTsN4KP) – MTsN 4 Kulon terpilih menjadi salah satu peserta kegiatan Main Survey PISA 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 36 siswa berusia 15 tahun yang terpilih dari kelas 8 dan 9. PISA (Programme of Internasional Student Assesment) merupakan suatu studi yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh 88 negara di seluruh dunia yang diadakan tiga tahun sekali. Dari negara-negara tersebut akan dipilih beberapa sekolah secara acak untuk mengikuti asesmen evaluasi tersebut. MTsN 4 Kulon Progo terpilih menjadi salah satu wakil dari 5 sekolah di Kabupaten Kulon Progo dan 162 sekolah di Indonesia untuk mengikuti kegiatan PISA tahun ini. Kegiatan tersebut berlangsung di madrasah setempat, Rabu (25/5/2022).

Dari ratusan siswa di madrasah, 39 siswa terpilih secara acak dengan syarat sudah berumur 15 tahun untuk mengikuti asesmen. Penentuan siswa secara acak ini dilakukan guna mendapatkan kondisi yang sebenarnya dari sekolah sesuai tujuan awal Main Survey PISA. Namun pada pelaksanaan, terdapat tiga siswa yang tidak bisa mengikuti asesmen karena kendala izin orang tua. Jadi siswa yang mengikuti asesmen berjumlah 36 siswa.

MTsN 4 Kulon Progo menunjuk 3 guru untuk menjadi pembimbing siswa dalam menghadapi asesmen PISA, antara lain Ambar Suryaningsih, S.Pd untuk bidang Matematika, Susi Retnowati, S.Pd untuk bidang Bahasa Indonesia, dan Drs. Sridadi untuk bidang IPA. Mereka bertiga telah mengikuti pelatihan pengembangan soal PISA beberapa bulan lalu di Surabaya dan Bandung.

Materi yang diujikan pada asesmen ini yaitu literasi bahasa, numerasi, sains, serta survei karakter lingkungan. Waktu yang disediakan dalam asesmen yaitu 30 menit pengarahan dari administrator tes, 120 menit untuk mengerjakan tes PISA, dan 35 menit untuk mengisi angket siswa.

Pada saat pengarahan sebelum asesmen, Nindy Fadlila selaku Administrator Tes menyampaikan beberapa pesan kepada peserta. “Dalam asesmen ini, diharapkan kalian mengerjakan sungguh-sungguh karena kalian termasuk siswa terpilih untuk mewakili Indonesia di asesmen internasional ini. Hasil dari PISA dapat investor asing untuk membuka lapangan kerja di negara hingga membuat kalian atau adik-adik kalian untuk mencari kerja nantinya saat kalian dewasa,” ujarnya. (umi/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.