Khutbah Idulfitri, Kakan Wahib Jamil Pesankan Tiga Hal

Kulon Progo (Kankemenag) – Hari Raya Idulfitri telah tiba. Hal ini disambut dengan penuh suka cita oleh setiap umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk itu umat muslim patut bersyukur. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Khutbah Idulfitri di Masjid Agung, Wates, Senin (2/5/2022) pagi.

“Sudah selayaknya kita sambut Hari Raya Idulfitri ini dengan bersyukur dan berdoa. Semoga Allah menerima amal ibadah dan mengampuni dosa-dosa kita, serta memberikan pertolongan kepada  seluruh bangsa indonesia,” tuturnya.

Selanjutnya Wahib Jamil dalam khutbahnya menyampaikan tiga pesan.
“Pertama, mari kita berusaha untuk istiqamah melanjutkan kebiasaan dan kebaikan yang telah dilatih selama Ramadhan seperti termaktub dalam Qs. Fushilat ayat 30. Ramadhan memang tidak ringan, tetapi yang jauh lebih berat bagaimana menjaga pasca Ramadhan sampai 11 bulan yang akan datang,” terang Kakan.

Yang kedua, kita harus dapat mengambil hikmah bahwa intisari ajaran Islam adalah untuk mengajak pada kedamaian dan ketentraman. Bahwa kata silmi dalam ayat ‘udkhulu fissilmi kaffah’ menurut At Thobari adalah keselamatan, menolak mara bahaya, dan perdamaian, serta meninggalkan perlawanan. Islam mengajak untuk mewujudkan tali persaudaraan, baik saudara sedarah, sebangsa setanah air, seagama, atau sesama manusia ciptaan Allah. Islam mengajak untuk mewujudkan akhlak mulia. Dan Islam mengajarkan sikap moderat dalam bergama yang berarti seimbang, jalan tengah, dan tidak ekstrim,” imbuhnya.

“Yang ketiga, menjadikan agama sebagai tatanan nilai dalam kehidupan, bukan sekedar ritualitas belaka. Sesuai amanah Gus Dur, bahwa Islam menjadi tatanan nilai dalam kehidupan umat manusia dan kehidupan berbangsa,” lanjut Jamil.

“Sehingga diharapkan dengan tiga hal tersebut kita dapat benar-benar menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Syawal benar-benar membawa peningkatan pada diri pribadi kita masing-masing. Terutama peningkatan iman dan takwa kita kepada Allah SWT,” pungkasnya. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.