Peringati Hari Pramuka, MIMA Jekeling Upacara dan Hiking

Kulon Progo (MIMA Jekeling) – Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke- 61, MI Ma’arif Jekeling mengadakan kegiatan upacara bendera dan dilanjutkan dengan hiking bersama. Upacara ini dilaksanakan Sabtu (13/8/2022 ) di madrasah setempat. Bertindak selaku Pembina Upacara, Ria Sari Damayanti, S.Pd.I. membacakan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen.Pol. (Purn) Drs. Budi Waseso yang berisi antara lain ajakan untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Gerakan Pramuka sudah mencapai usia 61 tahun dan sekaligus 110 tahun keberadaan Gerakan kepanduan di bumi Indonesia sejak tahun 1912. “Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini adalah ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.’ Tema ini menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang,” ujarnya.

Selaras dengan amanat tema peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini yaitu membangun ketangguhan bangsa, MI Ma’arif Jekeling mengadakan kegiatan hiking bersama untuk membentuk siswa-siswi yang tangguh dan kuat. Hiking ini dilaksanakan dengan berjalan kaki menuju obyek wisata air terjun Kedung Ingas di Padukuhan Jurug, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah. Rute perjalanannya sekitar 5 kilometer ke arah barat. Kepala MI Ma’arif Jekeling, Muhtarudin, S,Pd. menyampaikan bahwa sesuai dengan isi Dasa Dharma Pramuka yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Maka salah satu tujuan kegiatan hiking ini adalah menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan sekaligus rasa sayang terhadap sesama teman. “Sesuai dengan isi Dasa Dharma Pramuka yang ke dua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Diharapkan kegiatan hiking ini bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Mereka kita ajak menikmati keindahan alam di obyek wisata yang dirintis oleh penduduk setempat. Rasa cinta ini ditunjukkan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memunguti sampah yang berserakan,” terang Muhtarudin.

“Rasa kasih sayang terhadap sesama juga kita ajarkan dengan cara saling menolong terhadap teman yang kelelahan dalam perjalanan,” imbuhnya.

Kegiatan hiking ini dikoordinatori oleh Pembina Pramuka MI Ma’arif Jekeling, Avi Nirmala Candra Pratiwi. Avi menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh guru serta para siswa yang sudah mendukung kegiatan tersebut dan dengan sangat antusias mengikutinya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada guru serta anak-anak semua karena telah mendukung kegiatan ini dan mengikutinya dengan antusias. Semua terlihat sangat senang meskipun jarak yang ditempuh lumayan jauh namun tetap semangat. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan para siswa terhadap alam. Sehingga mereka dapat berperan serta dalam menjaga dan melestarikannya. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini anak-anak akan menjadi pribadi yang tangguh dan kuat serta punya jiwa setia kawan,” ucap Avi.

“Harapan saya, semoga kegiatan ini secara keseluruhan membawa manfaat bagi warga madrasah dan dapat berlanjut serta lebih beragam di tahun mendatang,”pungkasnya. (puj/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.