Tiga Siswa MIN 3 Kulon Progo Dilantik Jadi Siaga Garuda

Kulon Progo (MIN3KP) – Sebanyak 11 Pramuka Siaga dari SD dan MI se-Kabupaten Kulon Progo dilantik menjadi Pramuka Garuda Hijau atau Siaga Garuda. Pelantikan dilakukan pada Apel Besar Hari Pramuka di Lapangan Kalurahan Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Hal tersebut disampaikan Pengawas Madrasah Kapanewon Samigaluh dan Andalan Cabang Urusan Siaga Kwarcab Kabupaten Kulon Progo, Drs. Abdul Hamid Tarwaca, M.Si. saat menghadiri Apel Hari Pramuka, Ahad (14/08/2022) pagi.

“Sebanyak 11 Pramuka Siaga dari SD dan MI se-Kabupaten Kulon Progo dilantik menjadi Pramuka Garuda Hijau atau Siaga Garuda pada Apel Besar Hari Pramuka ini di Lapangan Kalurahan Hargotirto, Kokap, Kulon Progo. Di antaranya tiga siswa MIN 3 Kulon Progo atas nama Muhammad Hanif Hamizan, Favian Faris Abidin, dan Fatin Faizatun Nisa, dua Siswa MI Ma’arif Pagerharjo yaitu Aswa Zafarani dan Nacinta Jenni Arista, serta dua siswa MI Ma’arif Petet yaitu Kanaya Naurin El Syarawi dan Salma Ahmad Yudhistira, serta empat siswa sari sekolah lain,” ungkapnya.

“Untuk menjadi Pramuka Garuda Siaga harus bisa melalui tahapan yang cukup panjang, yakni lulus dari Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata. Kemudian juga harus melalui tahapan penilaian yang dilakukan tim khusus yang terdiri dari Gugus Depan, Orang tua, dan tokoh masyarakat,” imbuhnya.

Dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh unsur Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, Pembina Gugus Depan, dan tak kalah ketinggalan orang tua peserta didik.
Pelantikan ini sebagai salah satu wujud dalam menghasilkan generasi muda yang lebih berkarakter, mandiri, dan unggul. “Dengan menjadi Pramuka Siaga Garuda, seorang anggota Pramuka diharapkan akan memiliki kualitas dan kemampuan di atas rata-rata, serta harus bisa menjadi teladan bagi lingkungannya, juga gugus depan,” pungkas Tarwaca.

Pelantikan tersebut membuat terharu para Pembina. Termasuk Yanda Basrofi, Yanda Sudaryanto, Yanda Mulyanto, dan Bunda Karomah mengucapkan selamat pada anak-anaknya. “Kami ucapkan selamat kepada anak-anakku, yanda dan bunda ikut gembira,” ucap mereka. (myt/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.