Kultum Kamis Sore, Haris Jelaskan Tipe-Tipe Pemimpin

,

Kulon Progo (Kankemenag) – Hakikat seorang hamba di manapun tempatnya, serta dalam kondisi apapun ia adalah seorang pemimpin. Oleh karena itu nanti akan diminta pertanggungjawaban atas apa yang telah dipimpinnya. Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kulon Progo, Haris Widiyanto, S.H. menyampaikan hal ini ketika mengisi kultum di Mushala Al-Ikhlas kantor setempat, Kamis (3/11/2022) sore.

“Masing-masing dari kita hakikatnya adalah seorang pemimpin. Dan akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah kita pimpin,” ujar Haris.

Haris juga menyampaikan tentang hal yang harus dipertanggung jawabkan kelak di akhirat. “Adapun kita nanti akan diminta pertanggungjawaban ketika di akhirat atas apa yang telah kita lakukan di dunia,” imbuhnya.

Lebih lanjut Haris menjelaskan tentang tipe seseorang dalam memimpin.
“Terdapat lima tipe pemimpin, yaitu pemimpin wajib, sunnah, mubah, makruh, dan haram,” kata Haris.

Haris juga menegaskan bahwa saat ini telah banyak contoh fenomena tentang seorang pemimpin yang ada. “Telah banyak contoh di masyarakat kita mengenai fenomena bagaimana kemampuan seorang pemimpin dalam memimpin rakyat,” tegasnya.

Di akhir ceramahnya, Haris mengajak kepada jamaah untuk muhasabah terhadap pribadi masing-masing.
“Mari kita bersama-sama muhasabah berdasarkan hadist rasulullah SAW di atas kita termasuk di bagian mana dalam memimpin,” pungkas Haris. (anh/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *