Sosialisasi Haji Siaga, Kakan Wahib Jamil Ajak Perbanyak Tawakkal

Kulon Progo (Kankemenag) – Jamaah haji yang telah bersiap untuk berangkat ke tanah suci dengan berbagai persiapan hendaklah menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Jamaah tidak perlu memikirkan tentang pelaksanan haji secara berlebihan. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat menghadiri Sosialisasi Haji Siaga di Aula Menoreh kantor setempat, Kamis (10/11/2022) pagi.

“Jamaah yang telah berniat untuk berangkat haji dan telah melaksanakan berbagai persiapan, maka langkah selanjutnya adalah menyerahkan diri kepada Allah SWT. Tidak perlu memikirkan secara berlebihan tentang pelaksanaannya. Karena negara telah memikirkan semaksimal mungkin agar para jamaah haji khususnya di Indonesia ini bisa terfasilitasi dengan baik,” ujar Kakan.

Sementara itu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Mulyono, S.H.I. M.S.I. mengungkapkan bahwa Haji Siaga merupakan salah satu program inovasi dari Kankemenag Kulon Progo yang berfokus pada penguatan wawasan keagamaan bagi calon jamaah haji yang hendak berangkat. Dengan harapan semua jamaah haji ketika di Makkah bisa dengan lancar dan khusyu’ dalam menunaikan rangkaian ibadah. “Acara ini diselenggarakan karena Haji Siaga adalah salah satu program inovasi dari Kankemenag Kulon Progo dengan tujuan untuk menambah wawasan keagamaan bagi calon jamaah haji yang hendak berangkat,” ujar Mulyono.

Mulyono juga menyampaikan bentuk kerja sama pihak Kankemenag Kulon Progo untuk memaksimalkan pelayanan haji. “Kami juga bekerja sama dengan Baznas dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk memaksimalkan pelayanan terkait ibadah haji,” imbuhnya.

Sedang Pelaksana Seksi PHU, Ari Gunawan menjelaskan terkait teknis pelaksanaan Haji Siaga. “Adapun teknis dari Haji Siaga nanti jamaah sekalian akan dititipkan di Ponpes, Lembaga Diniyah, dan TPA yang telah ditunjuk oleh KUA masing-masing untuk mendalami ilmu-ilmu dasar agama,” papar Ari.

Ari juga menjelaskan tentang macam-macam pembinaan haji di Kulon Progo. “Macam-macam pembinaan haji di Kulon Progo yaitu meliputi Pembinaan bagi jamaah haji yang hendak berangkat, Sosialisasi dan Pembinaan sesuai kebutuhan, dan manasik dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU),” pungkasnya. (anh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *